Create Creative, Confident & Caring Generations

Menjadikan Generasi Muslim yang siap menjadi Khalifatullah Fil Ardl yang Abdillah dan Rahmatan lil Alamin dan Berakhlakul Karimah.

LEADERSHIP

#DigislamicSchool

“…Sesungguhnya  Aku hendak menjadikan seorang khalifah dimuka bumi…”  

(Q.S. Al Baqarah 2 : 30 )

“Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin itu akan dimintai 

pertanggung jawabann atas apa yang telah dipimpinnya”

(Hadist)

AL MUSLIM

Pendahuluan

Apakah Kepemimpinan Itu?

 

Tanpa terkecuali, setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan, tua atau muda, pelajar atau bukan, berpendidikan atau tidak, kaya atau miskin semuanya masuk dalam lingkup surat Al-Baqarah dan juga sabda Rasulullah tersebut. 

Demikianlah lebih dari empat belas abad yang lalu Rasulullah Saw, telah menjelaskan semata-mata atas petunjuk dan hidayah Allah Swt.

Jadi jelas dan harus disadari serta diyakini sepenuhnya oleh setiap muslim bahwa diri kita adalah pribadi pemimpin dan harus menjadi pemimpin.  

Agar dapat hidup bahagia serta dapat memberikan manfaat seluas-luasnya kepada orang lain dan masyarakat, maka hal terpenting yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah memiliki kemampuan dan keterampilan memimpin diri sendiri.

Bagaimana Cara Kita Mengembangkan Keterampilan Memimpin? 

 
Leadership atau kepemimpinan sebagai sebuah ilmu dan keterampilan sesungguhnya dapat dipelajari, dilatih, dan juga dipraktikkan.  Kepemimpinan dapat dipelajari dengan cara mengobservasi (mengamati), belajar dari orang lain atau bereksperimen, dan mempraktikkan tingkah laku kepemimpinan. 

Mempraktikkan tingkah laku kepemimpinan perlu dibelajarkan sedini mungkin. Dilakukan dengan cara bertahap mulai dari hal-hal yang paling sederhana dan mudah, seperti membiasakan bangun pagi, menyiapkan keperlusan sehari-hari sendiri, berdoa ketika akan melakukan kegiatan, membuang sampah pada tempatnya, belajar dan bekerja secara kelompok, bicara sopan, dan sebagainya.

Karena itulah perlu kiranya dirancang sebuah pembelajaran yang dapat mengarahkan, mendorong, melatih, dan sekaligus memberi kesempatan peserta didik untuk mengembangkan bakat dan potensi dirinya sebagai pemimpin baik secara individu maupun pemimpin kelompok.

 

Keterampilan Hidup Sebagai Pemimpin?

Keterampilan hidup sebagai pemimpin adalah semua keterampilan hidup yang berkaitan dengan kepemimpinan. 

Yaitu kemampuan dan keterampilan belajar yang sangat tinggi yang berguna sepanjang hidup. Hal ini melibatkan ilmu pengetahuan serta keterampilan-keterampilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam berbagai macam situasi dan kondisi. Termasuk keterampilan agar diterima oleh berbagai macam kelompok dan organisasi tanpa harus kehilangan identitas ataupun integritas diri. 

AL MUSLIM

Tujuan

Tujuan pelaksanaan program gugus leadership adalah :

  1. Peningkatan nilai-nilai diri untuk mewujudkan karakter kepemimpinan.
  2. Penguatan integritas peserta didik dan tenaga pendidik leadership.
  3. Kemampuan berpikir dan belajar dengan cara mengakses, memilih, dan menilai pengetahuan untuk mengatasi permasalahan yang muncul dengan 7 keterampilan leadership.
  4. Mengembangkan kecakapan hidup melalui budaya mendengar, membaca, berbicara, menulis, kecakapan hitung, sikap, perilaku adaptif, kreatif, kooperatif, dan kompetitif, serta kemampuan bertahan hidup.
  5. Menyeluruh dan berkesinambungan.
  6. Kompetensi mencakup keseluruhan dimensi kemampuan yaitu pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, pola piker, dan perilaku yang disajikan secara berkesinambungan mulai dari usia taman kanak-kanak sampai dengan jenjang menengah.
  7. Belajar sepanjang hayat.
  8. Pendidikan diarahkan pada proses pembiasaan dan pemberdayaan peserta didik untuk membangun karakter dan mewujudkan perilaku kepemimpinan.
AL MUSLIM

Manfaat

Secara umum program gugus leadership diharapkan dapat melatih kepemimpinan secara lebih efektif kepada peserta didik dimulai sejak usia TK sampai dengan SLTA.  Selain itu manfaat utama program leadaership bagi peserta didik, yaitu:

    1. Membentuk Skill dan Karakter

Leadership atau kepemimpinan akan membangun karakter dan melatih skill seseorang. Semakin cepat dilatih maka semakin banyak dan kuat karakter yang terbentuk serta skill yang dikuasai.  Melalui berbagai metode dan pendekatan yang telah dirancang pada proses pembelajaran diharapkan akan mampu membentuk dan melatih skill serta menumbuhkan karakter sebagai seorang pemimpin.

2.  Belajar Berorganisasi

Organisasi adalah salah satu sarana tepat untuk melatih kepemimpinan. Sekolah dan sebagai institusi pendidikan harus mempersiapkan sarana bagi peserta didik untuk dapat berorganisasi. Dalam dunia bisnis nanti, kualitas peserta didik sebagai pemimpin akan dilihat dan diuji. Orang akan lebih tertarik dengan pengalaman mereka daripada diri mereka sendiri. Dengan berorganisasi, mereka dapat mempraktikan secara langsung semua skill yang telah dipelajari, khususnya kerjasama tim (teamwork), sehingga mereka siap untuk menjadi pemimpin di masa depan. 

3.  Membangun Kepercayaan Diri

Membelajarkan Leadership sedini mungkin akan menumbuhkan rasa percaya diri. Peserta didik tidak akan pernah berani memimpin jika tidak pernah memegang tanggung jawab. Karena itu, adanya pelatihan leadership di sekolah akan melatih keberanian dan kepercayaan diri dalam memimpin. Semakin sering mereka memimpin, maka akan semakin terbiasa untuk memegang kendali. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk menjadi pemimpin handal di masa depan.

AL MUSLIM

Ruang Lingkup

Ruang lingkup pembelajaran leadership sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai kepemimpinan bagi peserta didik meliputi :

 

1. Keterampilan mengenal diri (Understanding Self)

Melatih peserta didik untuk membangun dan memiliki citra diri positif melalui pembiasaan dan perilaku positif. 

2. Keterampilan Komunikasi (Communication)

Melatih peserta didik untuk menjadi pendengar, pembicara, penulis, pembaca dan body languange yang baik.

3. Keterampilan Menyatu dengan yang lain (Getting along With Others)

Melatih peserta didik untuk berinteraksi sosial secara positif dengan menunjukkan sikap peduli, berbagi, dapat dipercaya,

tanggung jawab dan dapat diandalkan.

4. Keterampilan Proses Belajar (Learning to Learn)

Melatih peserta didik untuk dapat belajar secara mandiri.

5. Keterampilan Membuat Keputusan (Decision Making)

Melatih peserta didik untuk dapat membuat keputusan secara terencana.

6. Keterampilan Mengelola (Managing)

Melatih peserta didik untuk dapat mengelola sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan hidupnya.

7. Keterampilan Bekerjasama dalam Kelompok (Working with Groups)

Melatih peserta didik untuk dapat bekerjasama baik sebagai anggota maupun pemimpin kelompok.

AL MUSLIM

Struktur Organisasi

Ketua Gugus Leadership                : Sukaesih, S.Pd.
Anggota (Unit TK)                            : Romliatun Maimunah, S.Ag.

Anggota (Unit TK)                            : Suma Mariana, S.Pd.
Anggota (Unit SD)                            : Dra. Amy Setiyanti.

Anggota (Unit SD)                            : Triyani Nurbaiti, S.Pd.
Anggota (Unit SD)                            : Mar’atus Sholiha, S.Pd.
Anggota (Unit SD)                            : Mira Sefriastina, S.Pd.
Anggota (Unit SD)                            : Leni Siregar, S.Pd.
Anggota (Unit SD)                            : Ella Hayati, S.Pd.

Anggota (Unit SD)                            : Sri Andriyani, S.H., M.Pd.

Anggota (Unit SMP)                         : Iis Syamsiah, S.Pd.

Anggota (Unit SMP)                         : Emar Sulastri, S.E.

Anggota (Unit SMP)                         : Mansur Maftuh, S.Pd.
Anggota (Unit SMA)                         : Agung Wantoro, S.Pd.

Anggota (Unit SMA)                         : Devie Komala Sari, S.Ag.
Anggota (Unit SMK)                         : Ita Anggraini, S.E.

AL MUSLIM

AKTIVITAS

Aktivitas Kegiatan Gugus :

A. Kegiatan KKG

Pertemuan KKG merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap gugus yang ada di Yayasan Al Muslim. KKG Leadership adalah pertemuan yang dilaksanakan dengan melibatkan seluruh guru-guru leadership yang bertugas di masing-masing unit mulai dari TK, SD, SMP, SMA, dan SMK, dengan tujuan untuk dapat mengarahkan, me-monitoring, dan mengevaluasi setiap program yang dilaksanakan di masing-masing unit.

Adapaun kegiatan KKG yang telah dilaksanakan selama periode 2019-2020 adalah :

1. Pertemuan KKG 1

Hari/Tanggal : Sabtu, 21 September 2019

Waktu : 08.00 – 12.00 WIB

Agenda utama kegiatan KKG 1, yaitu :

a. Memberikan pemahaman dan sosialisasi tentang program gugus leadership untuk setahun ke depan.

b. Standarisasi silabus leadership.

c. Penerapan budaya 5S dan pendengar yang baik.

d. Evaluasi buku LKS leadership di masing-masing unit.


2. Pertemuan KKG 2

Hari/Tanggal : Sabtu, 19 Oktober 2019

Waktu : 08.00 – 12.00 WIB

Agenda utama kegiatan KKG 2, yaitu :

a. Mengenal aplikasi Ispiring.

b. Memahami cara penggunaan aplikasi Ispiring.

c. Mengenal dan memahami fitur-fitur tambahan dalam pembuatan power point (PPT).

d. Membuat bahan ajar lebih menarik dengan pemanfaatan fitur tambahan di PPT.

e. Mengkonversi file bahan ajar PPT menjadi bahan ajar digital (e-book) dengan aplikasi Ispiring.

f. Menampilkan bahan ajar digital (e-book) yang sudah dibuat.


3. Kegiatan KKG 3

Hari/Tanggal : Sabtu, 8 Februari 2020

Waktu : 08.00 – 12.00 WIB

Agenda utama kegiatan KKG 3, yaitu :

a. Mengenal aplikasi google form.

b. Memahamai cara penggunaan google form tahap awal.

c. Sosialisasi google drive MGMP leadership.

d. Tata cara pengisian administrasi penilaian kinerja gugus leadership.


B. Pelatihan Basic Leadership Life Skill

Hari/Tanggal : Sabtu, 26 Oktober 2019

Waktu : 07.30 – 15.00 WIB

Agenda utama kegiatan pelatihan basic leadership life skill, yaitu :

a. Sosialisasi visi dan misi Yayasan Al Muslim.

b. Sosialisasi program unggulan leadership Yayasan Al Muslim.

c. Mengenal kurikulum unggulan leadership Yayasan Al Muslim, baik monolitik atau terintegrasi.

d. Mempraktikkan game leadership.

AL MUSLIM

Galeri Foto