Seminar Parenting SMP Al Muslim
Bersama Bapak Yusuf Maulana


#DigislamicSchool

          Oleh: Fici Aurora, S.Pd.

Pada Sabtu, 28 September 2019, SMP Al Muslim melaksanakan kegiatan parenting bertempat di Aula Khalid bin Walid dengan mengundang Ayah dan Bunda level 7. Narasumber adalah Bapak Yusuf Maulana Prawata, M.Pd. Beliau seorang pendidik konselor sekolah, konsultan kegiatan kesiswaan, aktivis organisasi kepemudaan, dan pengurus Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN) DKI Jakarta.

Seminar parenting sendiri dilaksanakan dengan tujuan memberikan motivasi dan pemahaman kepada orang tua dan guru untuk membangun karakter anak milenial. Acara dibuka oleh Bapak Okih, S.Pd.I. selaku perwakilan wali kelas level 7 dengan menyambut hangat para orangtua yang sudah hadir. Acara diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dilanjutkan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Munfangil, M.Pd. selaku Kepala Sekolah dan Bapak Drs. H. Saepudin Zuhri, M.M. selaku Kepala Bidang Pendidikan Yayasan Al Muslim.

Memasuki acara inti, Bapak Yusuf Maulana Prawata, M.Pd. menyampaikan materi yang bertema Mendidik Generasi Milenial, dengan mengenalkan gaya belajar anak pada zaman milenial dan gaya parenting milenial. Beliau memaparkan bahwa orangtua milenial mengutamakan pendekatan yang rileks dan responsif terhadap anak karena kecenderungan generasi ini yang tidak terlalu suka kepada aturan yang mengekang. Maka dari itu, para orangtua milenial harus berpikiran terbuka bahwa generasi milenial ini harus dididik dengan cara yang unik, berbeda dengan metoda pendidikan generasi sebelumnya. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan bahwa “Anak zaman now, sangat kritis. Mereka cenderung mudah menerima contoh sikap dan perilaku yang dilakukan orang tua dibandingkan dengan kita ceramah”.

Seminar parenting berjalan dengan kondusif hingga akhir acara. Para orangtua yang menjadi peserta sangat antusias dengan paparan materi yang disampaikan oleh nasasumber. Semoga dengan adanya kegiatan seminar parenting, orangtua dan guru bisa lebih mengenali karakter anak.

Leave a Reply

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook