KKG Sains 3

#DigislamicSchool

Oleh: Yuli Astuti, M.Pd.

Kegiatan Kelompok Kerja Guru Sains dan GE (KKG Sains GE) Yayasan Al Muslim yang ketiga Tahun Ajaran 2019-2020 dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Februari 2020 di ruang Media SD Al Muslim. Pertemuan kali ini memiliki beberapa agenda, yaitu sosialisasi kelengkapan administrasi, evaluasi kegiatan Jumat Bersih (Jumsih) dan pembuatan media pembelajaran digital serta persiapan lomba PRF UI dan OSK SMA.

Alhamdulillah hampir semua anggota gugus hadir dalam kegiatan ini, hanya dua orang guru yang berhalangan hadir dikarenakan memiliki keperluan yang tidak bisa ditinggalkan. Kegiatan dimulai sekitar pukul 08.00 – 11.00. pada pertemuan gugus Sains dan GE yang hadir 13 orang dari 23 orang anggota gugus. Hal ini ada beberapa yang  bersamaan dengan kegiatan unit seperti try out unit SMP.  

Agenda berikutnya yaitu sosialisasi kelengkapan administrasi yang harus diisi oleh guru. Dalam hal ini ketua gugus telah menyiapkan folder dan item apa saja yang harus diisi oleh setiap guru, dalam rangka menyeragamkan dan memudahkan kerja anggota gugus. Semua file disimpan dalam drive masing-masing di cloud. Saat Kaur Pusat Sumber Belajar Yayasan Al Muslim ingin mengecek, cukup dengan membuka drive dari masing-masing gugus. Maka akan terlihat kelengkapan administrasi para anggota gugus. 

Selain itu disajikan film tentang bagaimana anak belajar makan siang, sebagai tambahan pengetahuan dan mungkin beberapa dapat diterapkan pada anak-anak untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap sampah yang ada. Sebagai contoh ketika pengganti buah adalah Yakult, botol yakult akan dicuci dan dikumpulkan ke Office Boy sehingga siswa belajar memberi, dari Office Boy hasilnya akan dijual ke pengepul. 

Semua anggota gugus Sains dan GE memahami dan berusaha untuk lebih memiliki dan peduli terhadap tempat bekerja sehingga sekolah menjadi lebih nyaman, indah dan bersih. Dari evaluasi Gerakan Jumsih yang sangat membantu siswa mandiri, kegiatan ini akan diadakan kembali mulai tanggal 14 Februari 2020. Pertemuan ditutup dengan membaca hamdalah dan doa kafarotul majlis. Semoga kegiatan KKG Sains dan GE ini memberi banyak manfaat dan keberkahan bagi guru-guru Sains dan GE khususnya dan civitas academica Yayasan Al Muslim umumnya. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

Leave a Reply

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook