Penampilan Memukau Pasukan SMK Al Muslim di LOKASI 17 se-Pulau Jawa

PBB(Sumber: Humas YAM)

Untuk pertama kalinya, SMK Al Muslim turut berpartisipasi dalam perlombaan bergengsi yakni Lomba Gerak Variasi dan Formasi (LOKASI) yang diadakan oleh SMA Negeri 1 Cikarang Utara. Tahun ini merupakan kali ke-17 acara LOKASI dilaksanakan. Pasukan dari puluhan sekolah tingkat SD, SMP, hingga SMA/K se-Pulau Jawa bersaing memperebutkan posisi pertama sebagai pasukan baris-berbaris terbaik. Hal-hal yang menjadi penilaian diantaranya adalah penampilan baris-berbaris, variasi formasi, danton, hingga kostum yang dikenakan oleh pasukan.

Kegiatan lomba sudah dimulai sejak pukul 06.00 WIB. Sementara pasukan dari SMK Al Muslim tampil sekitar pukul 11.00 WIB. Setelah mantap mempersiapkan penampilannya dan telah rapi mengenakan kostum lengkap, pasukan SMK Al Muslim segera menuju ruang tunggu. Di sana, pasukan dicek kembali kehadirannya, kelengkapan kostumnya, hingga melakukan sesi foto bersama. Sembari menunggu, mereka kompak melantunkan salawat nabi untuk menghilangkan ketegangan. Setelah tiba waktunya, barulah mereka menuju lapangan untuk menampilkan apa yang telah mereka persiapkan selama beberapa minggu ini.

Dengan lantang sang danton menyerukan aba-aba baris-berbaris untuk para pasukan. Mereka pun berhasil menampilkan gerak baris-berbaris yang terbaik dalam perlombaan ini. Begitu juga dengan penampilan variasi formasinya, pasukan SMK Al Muslim memadukannya dengan sedikit seni bela diri yang membuat takjub penonton dan tepuk tangan meriah. Pokoknya, keren dan sukses, deh.

Selamat atas penampilan luar biasanya pasukan SMK Al Muslim. SMK bisa!

PBB

(Sumber: Humas YAM)

Konsolidasi Manajemen untuk Al Muslim yang Semakin Baik

konsolidasi manajemen

(Sumber: Humas YAM)

Sebagai institusi pendidikan yang terus berkembang Al Muslim rutin mengadakan konsolidasi manajemen. Tahun ini banyak manajemen unit dari guru-guru yang belum pernah duduk sebagai manajemen sehingga perlu dilakukan konsolidasi untuk menyamakan visi misi dari semua unit sekolah.

Bentuk kegiatan ini berupa workshop selama dua hari. Sebelum workshop sudah ada dua tim yang beranggotakan beberapa orang peserta untuk menyusun draf naskah yang akan dibahas. Berbagai hal dibahas dalam workshop kali ini diantaranya tentang budaya sekolah, teknik promosi, penyusunan anggaran serta informasi perubahan manajemen. Diskusi berlangsung menarik dan banyak informasi berharga didapatkan.

Para pembina, pengurus dan pengawas antusias mengikuti workshop sampai tuntas. Secara khusus mereka juga memberikan masukan dalam berbagai hal. Waktu dua hari rasanya masih kurang untuk sebuah acara yang sangat penting dan menarik ini.Setelah acara selesai para peserta masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan yaitu menjadikan draft naskah pembahasan menjadi sebuah dokumen final yang menjadi produk akhir dari workshop. 

Selamat bertugas para guru hebat Al Muslim !

KBM Lapangan Level 6 Bersama Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

KBM lv6(Sumber: Humas YAM)

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) SD Al Muslim level 6 terasa berbeda kali ini. Pasalnya, seluruh siswa melangsungkan kegiatan belajar tidak di dalam kelas seperti biasanya. Mereka mendapat kesempatan belajar di Institut Pertanian Bogor bersama beberapa mahasiswa dari Fakultas Peternakan. Pembelajaran di luar ruangan ini tentu saja membuat para siswa sangat gembira.

Seluruh siswa level 6 langsung berkumpul di sebuah ruangan Agroedutourism IPB begitu menginjakkan kaki di kampus IPB. Agroedutourism sendiri merupakan sebuah sarana wisata edukasi pertanian dan peternakan yang ditawarkan oleh IPB untuk dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak berusia dini hingga mahasiswa atau umum. Di sini, seluruh pengunjung dapat mempelajari tentang binatang ternak, binatang peliharaan, dan beberapa tumbuhan. Karena IPB memang memiliki beberapa obyek wisata seperti kebun tanaman obat, tempat ternak sapi, hingga rumah sakit hewan.

Seluruh siswa level 6 yang berjumlah 123 siswa dibagi menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok dipandu oleh satu mahasiswa IPB. Satu persatu kelompok mulai menuju pos-pos yang sudah disiapkan. Pos pertama, mereka mengenal lebih jauh tentang hewan domba. Mahasiswa dari pertenakan IPB pun menjelaskan dengan rinci apa perbedaan domba dan kambing, bagaimana cara berkembang biak, dan lain-lain. Setelah itu menuju ke pos dua, tempat sapi potong dan sapi perah. Para siswa juga berkesempatan untuk memberi makan sapi yang ada di sana, lho.

KBM lv6(Sumber: Humas YAM)

Setelah dapat melihat langsung sapi di kandang, seluruh siswa kembali ke ruangan untuk memasak bakso sapi bersama-sama. Tak cuma sekadar memasak bakso, kakak mahasiswa IPB juga menjelaskan tentang bahan-bahan yang digunakan, tips serta kandungan apa saja yang ada pada daging sapi. Para siswa pun menyimak dengan tenang dan mulai mencatat penjelasan tersebut di lembar kerja (LKS) mereka masing-masing.

Terima kasih kakak-kakak dari IPB yang sudah menerima kehadiran siswa SD Al Muslim dan memberikan pengalaman baru untuk kami.  

Manasik Haji TK Al Muslim Bersama 20 TK Lain se-Kabupaten Bekasi

manasik(Sumber: Humas YAM)

Sabtu (7/9), PG-TK Al Muslim telah melaksanakan peragaan manasik haji. Acara ini diikuti oleh lebih dari 700 siswa yang berasal dari 20 PG, PAUD, dan TK se-Kabupaten Bekasi. Sejak pukul 08.00 WIB, seluruh peserta manasik haji sudah duduk rapi di Aula Khalid bin Walid untuk mengikuti rangkaian acara. Para orang tua yang ikut mengantarkan putra-putrinya menunggu di kantin SD Al Muslim yang letaknya di samping Aula Khalid bin Walid.

Acara dibuka oleh guru TK Al Muslim yakni Ibu Maria dan Ibu Riani. Kedua ibu guru TK ini menyambut hangat para peserta yang sudah hadir di Al Muslim. Tanpa banyak basa-basi, Ibu Riani pun mempersilakan Ibu Rachmasari Aulia, S.Psi., selaku Kepala PG-TK Al Muslim untuk memberikan sambutan. Dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Yayasan Al Muslim yakni Bapak Drs. Kamarrudin H. Husein, M.Si., yang berkesempatan hadir dalam acara manasik haji kali ini.

Setelah sambutan, tiga siswa dari TK Al Muslim unjuk kebolehannya dalam menghapal ayat Alquran. Mereka tampil kompak saat membawakan Surat An-Naba. Hal ini pun membuat kagum para guru dan orang tua yang hadir di Aula Khalid. Tak hanya itu saja, penampilan mendongeng Ibu Mira Sefriastina, S.Pd., juga mampu membuat seluruh siswa semakin riang gembira. Ditambah lagi, Ibu Mira bercerita tentang sejarah Nabi Ibrahim bersama sahabatnya yakni boneka Barney. Bu Mira juga membagikan hadiah bagi para siswa yang tetap rapi dan tenang menyimak cerita darinya.

manasik(Sumber: Humas YAM)

Acara inti pun dimulai, titik pertama peragaan manasik haji berada di Aula Khalid. Di sana, semua siswa membaca niat haji terlebih dahulu sebelum akhirnya melewati beberapa prosesi ibadah haji. Baru kemudian menuju Arafah, Muzdalifah, melakukan lempar Jumrah di Mina, dan mengelilingi Kakbah serta sa’i dari Safa ke Marwa. Di setiap tempat, masing-masing kelompok akan diberi penjelasan tentang kegiatan apa saja dan bagaimana cara melakukannya. Manasik haji bagi siswa PG-TK ini dilakukan untuk menanamkan rasa cinta anak pada Allah swt., serta para nabinya, mengenalkan tata cara ibadah haji yang benar, dan tentunya memberikan bekal iman untuk siswa sejak usia dini.

Dalam kegiatan ini banyak dibantu para guru Tilawati Al Muslim yang merupakan salah satu program unggulan di Al Muslim. Untuk dokumentasi kegiatan dibantu oleh kakak-kakak dari SMK Al Muslim khususnya jurusan Multimedia serta kakak-kakak SMA Al Muslim yang memiliki hobi fotografi.

HUBUNGI KAMI

YAYASAN AL MUSLIM TAMBUN
Jl. Raya Setu Kp. Bahagia Kabupaten Bekasi 17510

Telepon
Fax
SMS
Email

: 021 8836-2227, 021 8832-9822
: 021 8831-167
: 0857-7459-7728
:

SATUAN PENDIDIKAN

TK
SD
SMP
SMA
SMK

: 021 8831-203
: 021 8833-7004
: 021 8832-1346
: 021 8833-5907
: 021 8830-041

MAP LOKASI

MEDIA SOSIAL

Follow us & get in touch.

 

QUICK LINKS :

- News & Events

- Sumber Belajar

- BSM

- PPDB