Tadabbur Alam SMP Al Muslim: Wujud Taat dengan Mensyukuri Nikmat dan Ciptaan-Nya

Tadabbur Alam(Sumber: Humas YAM)

Siswa SMP Al Muslim level 7 baru saja melakukan kegiatan Tadabbur Alam di Kawasan Wisata Alam Gunung Pancar, Bogor. Kegiatan ini merupakan sarana pembelajaran untuk lebih mengenal kebesaran Allah SWT melalui ciptaan-Nya sehingga terbentuklah "character building" yang dapat menambah keimanan dan ketakwaan kita. Berbagai kegiatan seru dilakukan bersama-sama, diawali dengan rangkaian games edukatif yang dipandu oleh tim LDF Kehutanan IPB. Setelah seru-seruan bermain games, para siswa melepas penat sejenak dengan memasak dan makan bersama. tidur di tenda, qiyamulail dan muhasabah di sepertiga malam.

Keseruan masih berlanjut hingga pagi harinya. Selepas matahari terbit, kegiatan diisi dengan rihlah. Para siswa dan guru berjalan kaki menuju pemandian air panas Gunung Pancar untuk berendam dan berenang. Setelah seru-seruan main air di pemandian air panas, siswa mulai merapikan perlengkapan, membersihkan diri, dan bersiap untuk kembali ke rumah masing-masing. Pokoknya, Tadabbur Alam kali ini menjadi kegiatan yang asyik, deh!

Supercamp(Sumber: Humas YAM)

Supercamp PG-TK Al Muslim

Supercamp(Sumber: Humas YAM)

Tak cuma kegiatan Guest Teacher, PG-TK Al Muslim juga memiliki kegiatan Supercamp. Siswa-siswi PG-TK sudah mulai dikenalkan dengan alam dan bagaimana serunya camping sambil melakukan kegiatan di luar kelas. Kegiatan supercamp ini telah dilaksanakan pada Rabu (23/10) untuk siswa PG dan TK kelompok A, sementara untuk TK kelompok B dilaksanakan pada Rabu (30/10). Kegiatan ini dilakukan di bumi perkemahan, Kalam Kopen, Tambun.

Begitu sampai di Kalam Kopen, para siswa melakukan peregangan terlebih dahulu. Para guru memandu senam irama tersebut, siswa menirukan gerakan senam dengan riang. Kegiatan dilanjutkan dengan menanam bibit cabai. Siswa diberi wadah oleh guru, kemudian siswa harus mengisi wadah tersebut dengan tanah dan pupuk. Setelah selesai, tanah tersebut diberi bibit dan disiram.

Tak hanya belajar menanam, siswa juga belajar menghias dan mewarnai layang-layangan, lho. Mereka tampak antusias mencorat-coret layangannya dengan gambar yang unik. Kegiatan mewarnai ini tentu saja dapat mengasah kreativitas dan imajinasi anak sejak dini. Tak hanya itu, keberanian siswa juga dilatih dengan cara bermain flying fox. Meskipun awalnya sempat takut, namun akhirnya para siswa PG-TK ini mampu menaklukkan rasa takutnya. Hebat, deh!

Supercamp(Sumber: Humas YAM)

Selesai melakukan kegiatan, siswa diperbolehkan untuk bersantai di dalam tenda yang telah didirikan oleh guru PG-TK. Mereka bersenang-senang di dalam tenda bersama teman sekelas. Melihat keriangan siswanya, para guru pun tak mau ketinggalan untuk mengabadikan momen serunya ini.

Menyenangkan banget, kan? Ayo, jangan ragu sekolah di Al Muslim!

Basic Leadership Life Skill Training for Teacher

Leadership(Sumber: Humas YAM)

Sabtu, 26 Oktober 2019, guru-guru yang tergabung dalam Pusat Sumber Belajar (PSB) Yayasan Al Muslim mengadakan sebuah kegiatan untuk guru-guru baru. Sekitar 30 guru baru Al Muslim mendapatkan pemaparan singkat mengenai Leadership. Mengingat Leadership adalah salah satu mata pelajaran unggulan di Al Muslim, maka seluruh guru yang baru bergabung dengan Al Muslim harus bisa menerapkan skill leadership saat mengajar siswa-siswinya.

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB di ruang kelas SMP. Bapak Ir. H. Sahid Hudri selaku Kepala Urusan Pusat Sumber Belajar memberikan sambutan singkat untuk para guru baru yang hadir. Kegiatan dilanjutkan dengan materi dasar Leadership oleh Kepala Bidang Penjaminan Mutu dan Komunikasi yakni Bapak Didi Suradi, M.Pd. Tak hanya memaparkan materi, beliau juga membagikan pengalamannya selama menjadi wali kelas dan bagaimana menangani siswa-siswinya yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda.

Leadership(Sumber: Humas YAM)

Waktu menunjukkan pukul 10.00 WIB, para guru yang menjadi peserta training Leadership ini dipersilakan untuk menikmati hidangan snack yang sudah disediakan. Kurang afdal rasanya kalau sesama guru Yayasan Al Muslim belum saling mengenal. Maka di sela-sela waktu istirahat, Ibu Sukaesih, S.Pd., selaku guru Leadership SMK Al Muslim pun mengajak para guru untuk memperkenalkan diri dengan gaya uniknya. Dan luar biasa, ternyata guru-guru Al Muslim begitu kreatif! Sesi perkenalan ini pun berlangsung dengan penuh canda tawa dan keakraban.

Selanjutnya, para guru mendapatkan pembekalan materi Leadership dari Bapak Mansur Maftuh, S.Pd. Beliau merupakan guru Leadership di unit SMP Al Muslim. Dalam kesempatan kali ini, Bapak Mansur menyampaikan apa saja yang menjadi poin utama dalam Leadership. Tak lupa juga menjelaskan bagaimana guru harus menerapkan nilai-nilai Leadership saat mengajar di dalam kelas.

Leadership(Sumber: Humas YAM)

Sebagai penutup rangkaian acara training Leadership ini, para guru diajak untuk bermain beberapa games yang seru. Mereka membentuk kelompok menjadi lima kelompok, yang diisi 4-5 orang setiap kelompoknya. Mereka memainkan permainan bola dan kapal karam, permainan ini terbukti dapat meningkatkan kekompakkan mereka, meskipun ada beberapa guru yang baru kenal di hari itu. Banyak sekali hal-hal positif dari games ini, tujuannya tentu saja agar guru-guru bisa menerapkan komunikasi serta teamwork saat bekerja di unitnya masing-masing.

Leadership(Sumber: Humas YAM)

PG-TK Al Muslim, Sekolah Ramah Anak Terbaik se-Kabupaten Bekasi

SRA(Sumber: Humas YAM)

PG-TK Al Muslim baru saja dinobatkan sebagai Sekolah Ramah Anak Terbaik se-Kabupaten Bekasi. Kompetisi ini diadakan oleh Kabupaten Bekasi dibawah Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang mana memiliki tujuan untuk menjadikan Bekasi sebagai salah satu Kabupaten yang ramah anak di tahun 2020 yang akan datang. Dalam mewujudkan hal itu, Dinas PPPA mulai menyasar ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bekasi.

Dari sekitar 12 sekolah yang terpilih untuk dikunjungi, PG-TK Al Muslim adalah salah satunya. Kepala Bidang Perlindungan Hak Anak, beberapa orang dari Dinas Kabupaten Bekasi, dan tiga juri lainnya berkunjung ke PG-TK pada 5 Juli 2019 lalu. Mereka melakukan penilaian selama seharian penuh. Adapun hal-hal yang menjadi penilaian adalah peserta didik, pengelola sekolah seperti kepala sekolah, guru, dan yayasan, keakraban antara guru dan siswa, program sekolah, hingga sarana dan prasarana ramah anak, serta peran orangtua yang membantu program sekolah.

Sebelum kunjungan dilakukan, perwakilan dari puluhan sekolah yang ada di Kabupaten Bekasi mengikuti workshop yang diadakan oleh Dinas. Dalam workshop tersebut, para guru di-brainstorming dan diberi informasi tentang sekolah ramah anak. Mereka juga wajib mengisi kuesioner yang berkaitan dengan sekolah ramah anak. Berangkat dari workshop dan kuesioner itulah, PG-TK Al Muslim berhasil terpilih sebagai salah satu sekolah yang dikunjungi.

SRA(Sumber: Humas YAM)

Tak ada persiapan khusus yang dilakukan PG-TK Al Muslim dalam menghadapi kompetisi ini. Karena, memang PG-TK Al Muslim sudah memiliki program sekolah yang hampir sama dengan tujuan diadakannya Sekolah Ramah Anak. Dengan usaha dan ikhtiar dari seluruh pihak, akhirnya PG-TK Al Muslim berhasil menyandang Sekolah Ramah Terbaik se-Kabupaten Bekasi. Kabar bahagia ini diumumkan pada Kamis (17/10) oleh Dinas Kabupaten Bekasi.

Rasa bangga tentu saja dirasakan oleh Ibu Rachmasari Aulia, S.Psi., selaku kepala PG-TK Al Muslim. Ibu Sari pun berharap untuk ke depannya PG-TK Al Muslim bisa terus meningkatkan kualitasnya. “Alhamdulillah senang sekali. Ini amanah yang berat dari Kabupaten Bekasi, kami sebagai Sekolah Ramah Anak. Jadi, yang pasti kami akan selalu memperbaiki diri, meningkatkan kualitas pelayanan ke anak-anak dan orang tua, dan juga meningkatkan proses pembelajaran.”

HUBUNGI KAMI

YAYASAN AL MUSLIM TAMBUN
Jl. Raya Setu Kp. Bahagia Kabupaten Bekasi 17510

Telepon
Fax
WhatsApp
Email

: 021 8831-167, 021 8832-9822
: 021 8831-167
: 0812-9696-3300
:

SATUAN PENDIDIKAN

TK
SD
SMP
SMA
SMK

: 021 8831-203
: 021 8833-7004
: 021 8832-1346
: 021 8833-5907
: 021 8830-041

MAP LOKASI

MEDIA SOSIAL

Follow us & get in touch.

facebook instagram twitter youtube

 

QUICK LINKS :

- News & Events

- Sumber Belajar

- BSM

- Pendaftaran Online