Field Trip (KBM Lapangan) Level 2

Field Trip (KBM Lapangan)

Level 2 Ke Skyworld Dan PPIPTEK TMII

 

Kegiatan field trip/ KBM Lapangan dilaksanakan pada hari Kamis, 1 November 2018 dan berlangsung di SKYWORLD dan PPIPTEK TMII, Taman Among Putro SkyWorld Indonesia yang beralamat di Jalan Taman Mini Raya, RT 1/RW 10, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur 13810. Peserta berjumlah 123 siswa dan 10 orang guru. Jumlah seharusnya 128 siswa, tetapi 5 siswa tidak dapat mengikuti kegiatan, dikarenakan kondisi badan kurang sehat dan membutuhkan istirahat di rumah.

Alhamdullillah atas nikmat Allah SWT yang tak terhingga, acara kegiatan field trip kelas 2 SD al muslim berjalan dengan lancer. Kondisi cuaca juga memungkinkan untuk kami dapat beraktivitas di luar kelas dan sekolah. Kegiatan ini rutin diadakan di SD al muslim setiap tahunnya.

Anak-anak terlihat sangat antusias. Mereka harus datang lebih awal diantar oleh orang tua karena rencana berangkat ke tempat tujuan lebih pagi untuk menghindari macet. Field trip merupakan kegiatan belajar ke luar dari lingkungan sekolah selama satu hari. Tujuan utama dari diadakannya kegiatan ini untuk menghindari kebosanan pada anak di kelas dan mengajak mereka untuk refreshing sejenak dari kegiatan sekolah.

Field trip tidak hanya sekedar bersenang-senang, tetapi juga ingin memberikan pelajaran dan pengalaman yang menyenangkan bagi peserta didik. Mengapa sekolah perlu mengadakan field trip? Karena memori manusia, terutama mereka yang masih tahap sekolah, menyimpan ingatan berdasarkan apa yang mereka saksikan dan lihat secara langsung, bukan berdasarkan apa yang mereka dengar saja. Diharapkan dengan adanya field trip, anak mampu mengingat dan merekam semua kejadian selama field trip, kemudian dikaitkan dengan pelajaran sekolah.

 

https://lh3.googleusercontent.com/Gy2mnyByHq5Ipu1NC6T9SwrXo7FPx6JVVYQR1GwOm5PcNQqgMoO6Crz_swZzUhXkEVWuDmJV5NSdNjwKyMf5-C_lpXNS1Cuj8nEwHjDG7RfcbxBfqYCFbr73wgvwf-V4AWniMrP9C8UjNGXeSz8zDsrXfBa6oeu_LJ1wfYa2xY8cbaTrk0x9ee1I47HY0idpZYKYZm5cr_knc2bpaOA01yNvrqF3DUIAd0IIWb6mwpUKkrDgR5pobFHezgWkgMUGTtElpqEE05jS1aNqO64cFrS6G4v6W_DlYbVk863hdJq4RWFm8cGJIZiEuoWeql5aiBippOKMPfjpoBGuy-K8qLrFL53iy6S0ezCDU90p6WX2vNnItmGjUoYkVYvoTdzfh1BjLSow2NHFZYsldNH6kwHneXSzUHzkSI5CRONPcqhqLWyHQt1mxKIzuIrxfbvFlYYLSImdipff4QJMBVYZhcRcnZ5blAmBoPxEjFdsxWbBnJ9z4uVj0IEOMq3QDb9SPeWejF6eL9eiAM2FKohccrBB6r5qkK2BEIkkNIBAFZzQD9EBUOxUhaWNIhMS-rdeH-v0IRkRf5kxQT1SUu05-h62FHzkMzXhLNQFnsBu9gYAGmKNSU3ifuby9_ynDvkYXPB5pkNwE35sQ9QCaAARbiyV=w829-h592-no

 

SKYWORLD Indonesia “Eduwisata Antariksa” adalah wahana/taman rekreasi-edukasi bertemakan antariksa dan aeronautika (Space & Aeronautics). Wahana ini dimaksudkan untuk mengedukasi generasi bangsa Indonesia khususnya anak-anak (pelajar) dan generasi muda tentang wawasan/ilmu seputar dunia antariksa, aeronautika dan teknologi-teknologinya yang dihadirkan secara atraktif.

Rombongan bus sudah siap menunggu di halaman luar SD al muslim Tambun. Siswa-siswi masuk ke kelas untuk menyatakan kehadiran kemudian mengambil snack, minum dan buah yg dibagikan oleh guru. Setelah itu, mereka berbaris di halaman dalam per kelas untuk berdoa keluar ruangan dan naik kendaraan. Pada pukul 06.45 WIB siswa berangkat ke lokasi tujuan (Skyworld TMII). Dengan sedikit macet, alhamdulillah rombongan tiba di lokasi pukul 08.45 WIB. Mereka berbaris sesuai kelas masing-masing di halaman Skyworld untuk kegiatan pertama yaitu pengenalan.

Siswa dengan tertib diajak berkeliling sambil mendapatkan pengarahan materi oleh guide Skyworld. Materi yang disampaikan yaitu pengetahuan tentang urutan planet di tata surya, komet, meteor, dan benda-benda langit lainnya. Kegiatan dilanjutkan ke ruang pamer atau exhibition room melihat replika roket. Exhibition room ini minim pencahayaan supaya suasananya terasa seperti di luar angkasa. Barulah setelah itu kita dibawa untuk melihat dari sisi ilmu pengetahuan, seperti bagaimana urutan planet di tata surya, bagaimana proses terjadinya gerhana, sampai ada diorama bagaimana rupa planet Mars. Ada juga tokoh-tokoh astronomi dunia yang dipajang secara berderet. Di tengah-tengah ruangan terdapat replika roket yang cukup besar. Di lantai atasnya ada control room. Yang lebih menarik juga adalah ada replika pesawat di Star Trek, loh…

Kegiatan selanjutnya adalah menonton di Teater 5D. Untuk dapat memasuki ruang teater, siiswa-siswi dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 24 siswa. Sebelum dimulai, kami memakai kacamata 3 dimensi terlebih dahulu. Tema petualangannya adalah terjun payung dari pesawat. Entah ada masalah dengan pesawat atau peralatannya, tiba-tiba aja penerjun payung yang jatuh dan ada di kereta terbuka. Nah, kereta inilah yang tak hentinya menjelajah pegunungan, pertambangan sampai akhirnya bisa berhenti. Hal yang menarik adalah wahana ini terasa goyangnya. Jadi kursi yang kita naiki akan bergerak sesuai dengan arah kereta dan itu cukup bikin deg-degan.

Sambil menunggu persiapan demonstrasi peluncuran roket air, siswa-siswi beristirahat sambil menikmati snack mereka. Ketika demonstrasi peluncuran roket air, beberapa siswa diminta untuk ikut langsung dalam demonstrasi hingga baju dan topinya basah. Meskipun begitu, mereka tetap bersemangat.

Selanjutnya kami dibawa menuju ke Planetarium Digital. Bentuk planetariumnya mirip seperti dome. Di Planetarium Skyworld, siswa-siswi akan melihat bintang-bintang dan benda langit yang ada persis di atas langit TMII, tetapi secara digital. Benda langit yang dilihat bisa real time dan ada juga yang mundur beberapa jam ke belakang.

Kegiatan di Skyworld sudah berakhir, dilanjut ke PPIPTEK menggunakan bus. Perjalanan dari Skyworld ke PPIPTEK hanya berjarak 10 menit saja.

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Science Center) atau disingkat PP-IPTEK adalah sarana pembelajaran luar sekolah untuk menumbuhkembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan dan kreatif. Di PPIPTEK, siswa-siswi berkeliling melihat, menyentuh, memegang, dan memainkan berbagai macam alat peraga. Ratusan koleksi tersebut dikelompokkan menjadi 14 wahana: antariksa, lingkungan, energi, fluida, gelombang, listrik dan magnet, mekanika, optik, transportasi darat, transportasi udara, arena peneliti cilik, matematika, penyakit dan kesehatan, serta galeri Plato. Anda juga bisa mencoba berbagai alat peraga yang menantang misalnya sepeda layang, roket air, try science, generator Van De Graft, dan simulator gempa bumi.

Kegiatan diakhiri dengan beristirahat, sholat, makan siang dan foto bersama. Pada pukul 13.30 seluruh siswa kembali ke sekolah. Alhamdulillah perjalanan lancar dan sampai di sekolah tepat waktu. Seluruh siswa masih bisa beristirahat sejenak, bahkan ada yang berganti baju terlebih dahulu sebelum pulang. Kegiatan hari ini belajar sambil bermain yang sangat menyenangkan. Gambar 1. Mendengarkan penjelasan guide dari SKYWORLD tentang planet yang ada di tata surya Gambar 2. Macam-macam benda langit Gambar 3. Mendengarkan penjelasan tentang tata surya Gambar 4. Teater 5D Gambar 5. Demonstrasi roket air Gambar 6. Mendengarkan penjelasan Guide PPIPTEK Gambar 7. Demonstrasi Peluncuran Roket Angin Gambar 8. Peragaan Teleskop Gambar 9. Demonstrasi Bola Terbang Gambar 9. Demonstrasi Permainan Ilusi Gambar 10. Permainan Sepeda Roda 3 berbentuk segi empat.

 

 

Cerahkan Proses Belajarmu Dengan Inovasi

sd inobel2018 5

Proses pembelajaran idealnya dilakukan tidak monoton. Ada berbagai cara untuk menciptakan kelas yang hidup. Salah satunya dengan melakukan beberapa inovasi dalam proses pembelajaran yang membuat siswa menjadi senang dan interaktif di kelas sehingga kelas tidak sepi dan penuh aura semangat. Inovasi pembelajaran dapat kita mulai dari hal kecil dengan menggunakan media yang interaktif, metode yang tepat, dan strategi pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk lebih antusias dalam belajar. Melakukan perubahan dalam mengajar tentu akan mampu menghasilkan peserta didik yang lebih kreatif. Inovasi yang unik, kreatif, orisinil dan menarik dapat membangkitkan antusiasme belajar peserta didik.

Perlombaan inobel dilaksanakan mulai dari tingkat gugus, kecamatan, kabupaten, sampai ajang tingkat propinsi dan nasional. Berawal dari ajakan seorang teman, saya diperkenalkan dengan web resmi Kesharlindungdikdas (Kesejahteraan, Penghargaan dan Perlindungan Pendidikan Dasar). Di kesharlindung ada beberapa kegiatan diantaranya seminar, literasi, OGN, dan Inobel yaitu perlombaan inovasi pembelajaran tingkat nasional yang diselenggarakan oleh kesharlindung.

Proses pendaftaran peserta dimulai dari bulan April dimana peserta harus sudah siap dengan berkas administrasi. Berawal dari mimpi untuk meraih yang terbaik di tingkat nasional, saya pun bekerja keras dan meyakinkan diri untuk bisa sampai ke tingkat nasional. Proses mengirim naskah dengan persyaratan yang ditentukan tidaklah mudah. Saya harus bersaing dengan 1013 peserta dari seluruh Indonesia untuk tahap seleksi administrasi. Kemudian sejumlah 452 peserta berhak mengirimkan naskah terbaiknya dan melanjutkan untuk upload naskah yang dinilai melalui proses similarity dan sitasi. Similarity adalah proses penilaian naskah apakah terdapat plagiarisme atau tidak. Naskah yang baik jika nilai similaritynya kurang dari 20%, dan nilai sitasi lebih dari 50%. Perlu beberapa kali revisi dan konsultasi pada teman yang sudah pernah mengikuti perlombaan di kersharlindung.

Penilaian proses dilakukan selama 2 hingga 3 bulan. Naskah yang baik terpilih untuk ke tahap dua yaitu tahapan workshop. Proses pemanggilannya melalui email masing-masing dan terdapat pada dashboard kesharlindung. Sebanyak 393 peserta dari unit SD dan 424 unit SMP terpanggil dan terpilih untuk melakukan workshop yang masing–masing terbagi dalam tiga bidang. SD terdiri dari MIPA, IPSPB, dan SORAM sementara SMP bidang MIPA, IPSPB dan SORAK. Pengalaman bersama kesharlindung membuat saya menjadi banyak bersyukur. Setelah mengikuti workshop yang merupakan semi-final inobel, yang dilakukan di Bogor (SD) dan Yogya (SMP), saya mendapatkan banyak ilmu yang luar biasa. Penulisan KTI yang sudah menjadi acuan resmi kesharlindung, penulisan sitasi yang merupakan daftar pustaka serta proses pembuatan media yang baik. Seminggu setelah workshop seluruh peserta wajib melakukan perbaikan dan mengupload kembali naskah untuk bersiap ke babak final. Sebanyak 34 peserta pada masing-masing bidang lomba yang terpanggil dengan syarat similarity < 5% dan sitasi > 80%.

sd inobel2018 1

Semua yang terjadi karena Allah. Allah plan’s is better than your dream. Hal itu sangat benar sekali, belum pernah mengikuti lomba inobel sebelumnya, dengan niat yang kuat dan doa yang selalu saya panjatkan agar sampai pada tujuan akhir inobel. Inobel dilakukan bertahap setelah penilaian workshop. Maka bagi peserta yang sudah memperbaiki naskah dengan durasi waktu hanya 1 minggu sudah harus mengupload kembali naskah yang dibuat. Penilaian tahap akhir similarty dan sitasi lebih ketat dibandingkan tahap workshop. Peserta yang lulus workshop akan dipanggil ke babak final jika naskah memenuhi syarat untuk masuk ke babak final. Alhamdulillah naskah yang sudah kuperbaiki dapat masuk kategori final. Apapun yang terjadi karena Allah sudah menghendaki. Setelah melalui proses yang panjang akhirnya sampai pada detik-detik terakhir perlombaan. Final inobel diselenggarakan di Bali, tepatnya di Vouk and Suits Hotel di Nusa Dua Bali. Karya saya termasuk dalam kategori lomba penggunaan media pembelajaran berbasis lingkungan.

Penulisan naskah inobel berbeda dengan penulisan dalam PTK. Inobel lebih dianjurkan menggunakan Research and Development sehingga pengembangan media yang digunakan dalam proses belajar mengajar menjadi maksimal.

sd inobel2018 3

Garuda Indonesia Boeing 777 membawaku terbang ke Bali, berbekal doa keluarga kecil saya dan keluarga besar saya yaitu Yayasan Al Muslim Tambun. Bali, tempat yang hanya pernah saya impikan, sekarang menjadi nyata menjadi bumi yang saya pijak. Menikmati indahnya tanah Lot, Uluwatu dan Water Blue sangat menyenangkan. Bali yang sangat kental budayanya, kearifan lokalnya, dan keramahtamahan penduduknya, sangat terkenal di mancanegara. Tak terbayang sebelumnya karya saya dapat masuk final bertemu dengan peserta lain, guru hebat dari penjuru nusantara. Setelah perjalanan panjang dengan naskah yang mengalami perbaikan, final lomba harus melakukan display produk.

Mentari pagi menyongsong gegap gempita semangat kami semua untuk mulai mendisplay karya kami di tempat produk perlombaan. Kelompok yang kuikuti adalah MIPA sehingga perlu ruangan yang cukup leluasa untuk mendisplay. Media yang kami buat harus dapat dipertanggungjawabkan di depan juri yang terdiri dari dosen dan praktisi pendidikan ternama yaitu Pak Sandy dari UPI yang luar biasa ilmu matematikanya, Ibu Laksmi dari P4TK IPA, Pak Sigit dari UGM dan Pak Unang. Para juri tersebut selalu memberikan semangat pada kami. Presentasi di depan panelis lain membuat saya memperoleh pengalaman baru. Menyenangkan dan menantang, dengan pertanyaan juri yang luar biasa membangkitkan kepercayaan diri kita yang harus bertanggung jawab pada karya yang kami buat.

sd inobel2018 6

Berbagai kalangan pendidik dengan asal dan kultur yang berbeda menjadi satu keluarga finalis inobel 2018. Dari Sabang sampai Merauke semua berkumpul untuk satu tujuan melakukan perubahan dan semakin kuat berperan sebagai pendidik yang mencerdaskan anak-anak bangsa. Kami tidak saling bersaing, namun saling memberikan dukungan. Rasa kekeluargaan yang tinggi terjalin erat di antara sesama finalis. Apresiasi dari Kesharlindung sangat luar biasa bagi kami. Kami bersepakat bahwa kita harus merespon setiap perubahan dan bersikap arif terhadap perubahan. Maka, berubahlah selama masih bias, bersyukur atas apa yang kita punya. Kita harus selalu ingat bahwa syarat mengajar untuk meraih akherat itu hanya ada dua, kualitas dan keikhlasan. Selama kita melakukan keduanya dengan seimbang niscaya Allah meridhoi dan memudahkan jalanya. Guru Mulya Karena Karya. Teruslah berinovasi, berkarya dan belajar. Jangan berhenti untuk belajar meski usia senja menyertaimu.

Olah Raga, Olah Jiwa dan Olah Rasa

yayasan senam september2018 1

Allah menjadikan manusia sebagai makhluk paling sempurna, yang memiliki beberapa unsur yaitu raga, jiwa dan rasa. Ketiga unsur tersebut perlu diolah semaksimal mungkin agar manusia dapat menjalani kehidupan dengan seimbang.

Raga merupakan jasmani seseorang, dan dapat diolah dengan asupan gizi yang bagus serta olah raga teratur, agar raga tumbuh dengan sehat dan kuat. Jiwa bisa disebut dengan hati, dapat diolah dengan cara memberikan asupan gizi baik bagi jiwa, diantaranya yaitu moral, budi pekerti dan keimanan. Adapun rasa dapat diolah dengan menjalin ukhuwah terhadap sesama makhluk, baik manusia, hewan dan tumbuhan.

Yayasan Al Muslim sadar betul bahwa ketiga unsur tersebut sangat penting demi keseimbangan hidup para guru dan karyawannya. Oleh karena itu diadakan program senam dan pengajian pada tiap bulannya. Senam dan kajian perdana pada tahun pelajaran ini diadakan di kebun al muslim Pekopen. Tampak suasana berbeda dari sebelumnya, yang biasanya diadakan di lingkungan Yayasan Al Muslim. Hal ini membuat para guru dan karyawan lebih bersemangat dan enjoy dalam mengikuti kegiatan. Bisa jadi disebabkan karena segarnya menghirup udara di kebun Kopen dan bebas menikmati suasananya yang membuat lebih santai.

Kegiatan diawali dengan olah raga bersama yang dipimpin oleh Bapak Drs. Suwarko dan Bapak Boby Irtanto, S.Pd.Jas. Para guru dan karyawan sangat bersemangat mengikuti senam. Terlebih ketika lagu yang mengiringi senam adalah lagu kekinian yaitu lagu soundtrack Asian Games dan “Lagi Syantik”. Badan yang awalnya terasa kaku, perlahan pun mulai lentur dengan gerakan-gerakan yang menarik.

yayasan senam september2018 3

Ketika badan terasa lebih segar dengan berolah raga, menikmati makanan dan buah-buhan segar sangat cocok. Maka Yayasan Al Muslim pun menyediakan bubur kacang hijau atau yang lebih dikenal dengan sebutan “burjo”, ditemani roti tawar yang lembut, membuat stamina full kembali. Bermacam-macam buah pun dihidangkan secara keroyokan, yang biasa disebut juga dengan rujak. Makan rujak bersama-sama semakin mempererat rasa kekeluargaan diantara guru dan karyawan. Tidak ada jarak antara pejabat yayasan, manajemen unit, guru dan karyawan, semua membaur menjadi satu. Hal ini menumbuhkan rasa bahwa kita adalah saudara satu rumah, yaitu rumah Al Muslim.

yayasan senam september2018 2

Pengajian menjadi rangkaian akhir kegiatan. Setelah mengisi asupan raga dan rasa. Maka saatnya memberi asupan jiwa dengan memperkokoh keimanan melalui kajian keislaman. Para guru dan karyawan tampak khusyuk mengikutinya. Semoga apa-apa yang disampaikan oleh penceramah dapat dilaksanakan di kehidupan sehari-hari.

Begitulah olah raga, olah jiwa dan oleh rasa yang dilaksanakan di yayasan al muslim. Tentunya kegiatan ini sangat baik demi terciptanya keseimbangan hidup, antara sehat jasmani dan rohani. Sebagaimana dalam semboyan dikatakan “dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat.”

Lomba Perpustakaan SD se-Kabupaten Bekasi

sd lomba perpus 2018 1

 

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa. Perpustakaan hendaknya menjadi pusat belajar dan tempat yang paling diminati. Oleh karena itu perpustakaan harus mempercantik diri dimulai dari pintu masuk, penataan ruang yang nyaman dan menarik, layanan yang sistematis, cepat serta akurat.

Di era kemajuan informasi dan teknologi, perpustakaan juga mengemban misi meningkatkan mutu sekolah. Informasi yang diprogramkan perpustakaan tidak lagi sebatas teks atau buku. Perpustakaan sekolah harus mampu mengimbangi perkembangan tersebut dengan memberikan layanan berbasis online dan digital. Melalui layanan ini siswa dapat mengakses informasi terkini, ilmu pengetahuan, tugas sekolah, hasil belajar atau pun hal lain yang terkait di dalamnya. Peran informasi dan teknologi perpustakaan akan memberikan kemudahan layanan. Bahkan memungkinkan terbukanya terobosan-terobosan baru bagi sekolah untuk mengembangkan program dan layanan perpustakaan menjadi lebih baik.

 

sd lomba perpus 2018 3

 

Selasa, 24 September 2018, SD Al Muslim mengikuti lomba perpustakaan Sekolah Dasar tingkat kabupaten. Jumlah peserta lomba yang seharusnya ikut ada 60 sekolah. Namun, dari pendataan ulang saat lomba menjadi 36 sekolah. Sampai akhirnya ketika di meja registrasi jumlah peserta menjadi 25 sekolah. Sebanyak 16 peserta dari sekolah swasta dan 9 orang dari sekolah negeri. Pengunduran diri peserta disebabkan karena lambatnya informasi yang diterima dan ketidaksiapan sekolah dalam menyiapkan portofolio.

SD Al Muslim telah menerima pelaksanaan lomba via pesan whatsapp. Dalam undangan tertulis lomba dilaksanakan di Kampus Pelita Bangsa, lantai 5, dan acara dimulai pukul 08.00. Namun, realisasinya lomba baru dimulai pukul 10.00 WIB. Panitia membagi lokasi lomba menjadi tiga ruang. Ruang presentasi dilaksanakan di ruang B. 523 dan ruang B. 524. Sementara ruang pemeriksaan dokumen portofolio di ruang B. 512. Peserta dipanggil sesuai dengan urutan absen yang tertera di pintu. Sementara peserta lain menunggu di luar. Setiap peserta diberikan waktu 15–20 menit untuk mempresentasikan program perpustakaan sekolah. Penampilan, keberanian, penguasaan materi, dan pengelolaan bahasa tubuh yang baik menjadi aspek penilaian presentasi.

Hasil presentasi dan dokumen portofolio memiliki bobot 60%. Untuk selanjutnya jika peserta masuk dalam 6 besar terbaik dewan juri akan melakukan visitasi sebesar 40%. Penilaian dokumen portofolio telah selesai diperiksa pukul 13.00 WIB. Sementara presentasi masih berlangsung hingga pukul 15.00. Selama 50 menit dewan juri merekap nilai presentasi dan dokumen portofolio. Pengumuman lomba disampaikan pada pukul 15.55 dengan hasil sebagai berikut:

No.

Nama Perpustakaan/SD

Portofolio

Presentasi

Nilai Akhir

1.

SD Al Muslim

133

152

285

2.

SD Islam Al Azhar

78

172

250

3.

SDS Cherry Montesory

101

146

247

4.

SDS Dian Harapan

68

165

233

5.

SDS Ipeka Grand Wisata

57

169

226

6.

SDN Bahagia 05

94

132

226

 

Hasil lomba di atas menunjukkan SD Al Muslim meraih nilai tertinggi. SD Al Muslim memiliki kelebihan di portofolio sementara hasil presentasi masih perlu perbaikan. Sekolah yang masuk dalam enam besar ini divisitasi oleh tim penilai pada Jum’at, 28 September 2018. Pembukaan visitasi diawali dengan tampilan tim angklung, tahfidz juz 29, sambutan-sambutan, pembacaan puisi, dan bercerita. Alhamdulillah visitasi berjalan dengan lancar dan selesai tepat pukul 10.00.

 

sd lomba perpus 2018 2

 

Kegitan visitasi memberikan masukan yang cukup besar bagi perpustakaan Bustanul ‘Ilmi SD Al Muslim untuk memenuhi 10 standar perpustakaan nasional SD. Di samping itu kegiatan visitasi memberikan peluang bagi SD Al Muslim untuk berkunjung ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi guna mendapatkan sejumlah informasi pengembangan perpustakaan, pelatihan pustakawan serta pengembangan program literasi sekolah. SD Al Muslim juga perlu mengembangkan program perpustakaan online dan digital agar senantiasa dapat mengikuti perkembangan zaman.

Hal yang terpenting dari kegiatan lomba ini tidak sebatas menjadi juara tetapi yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan mutu perpustakaan sekolah agar dapat memenuhi 10 standar nasional perpustakaan sekolah. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Didi Suradi, M.Pd., Ketua Penjaminan Mutu Yayasan Al Muslim dalam sambutannya. Perpustakaan diharapkan bisa menumbuhkan minat siswa untuk rajin membaca dan gemar menulis. Semoga SD Al Muslim menjadi juara dalam lomba perpustakaan tahun 2018 ini dan dapat mencetak generasi rahmatan lil ‘alamiin yang haus akan membeca dan menulis. Salam Literasi SD Al Muslim.

HUBUNGI KAMI

YAYASAN AL MUSLIM TAMBUN
Jl. Raya Setu Kp. Bahagia Kabupaten Bekasi 17510

Telepon
Fax
SMS
Email

: 021 8836-2227, 021 8832-9822
: 021 8831-167
: 0857-7459-7728
:

SATUAN PENDIDIKAN

TK
SD
SMP
SMA
SMK

: 021 8831-203
: 021 8833-7004
: 021 8832-1346
: 021 8833-5907
: 021 8830-041

MAP LOKASI

MEDIA SOSIAL

Follow us & get in touch.

 

QUICK LINKS :

- News & Events

- Sumber Belajar

- BSM

- PPDB