Guru Harus Gaul?

Seiring majunya teknologi membuat kita, para pendidik harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Sehingga kita tidak kalah dan tertinggal dari kebiasaan dan pola hidup peserta didik. Haruskah guru itu gaul? Jawabannya, IYA, karena sebagai tenaga pendidik dan pengajar, tentu kita harus memiliki metode dan trik jitu menghadapi peserta didik.

Munculnya julukan guru gaptek (gagap teknologi), guru jadul (jaman dulu), tentu tak ingin kita miliki. Maka belajar adalah solusi terbaik, bukan berarti status kita sebagai guru, tidak mewajibkan kita untuk selalu belajar. Justru, keadaan zaman mengharuskan kita untuk selalu belajar dan semakin berkembang berada di depan peserta didik walaupun hanya satu langkah. Seminar, MGMP, KKG, Diklat, Pelatihan, dll adalah salah satu sarana bagi guru untuk belajar. Bukan hanya belajar dari pengalaman sendiri tetapi juga bisa belajar dari pengalaman orang lain, baik yang usia dan jam terbangnya lebih tinggi dari kita maupun dengan yang usianya jauh lebih muda dari kita.

Di tempat saya mengajar, saya banyak belajar dari guru yang lebih berpengalaman dari saya. Metode mereka mengajar sangat beragam, mulai dari menggunakan media Ms. Powerpoint yang menarik sampai media sosial seperti blog dan twitter.

Peserta didik sekarang lebih menyukai metode mengajar yang banyak menggunakan audio visual ketimbang hanya menggunakan media audio, hal ini menyebabkan kita harus selalu semangat mempelajari hal-hal baru, sehingga kita tidak lagi menjadi guru yang tertingggal.(By Nia Sofyana, S.Pd)