Pertama, Program Kaizen di SMK Al-Muslim

SMK Al-Muslim, menjadi satu-satunya sekolah yang  memiliki program Kaizen Goes to School. Program dengan mengandeng salah satu perusahaan Otomotif Toyota ini, untuk mendorong siswa menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Program ini dimaksudkan agar anak didik bisa menjadi seorang problem solver apapun permasalahannya, baik administrasi atau lainnya,” terang Sapta Purnomo, selaku Kaizen Goes to School Project Leader.

Pemenang dari program tersebut, lanjutnya, akan mendapat kesempatan untuk magang di perusahaan Toyota selama 3 hingga 6 bulan. ”Kalau di Al-Muslim sudah menjadi mulok dengan setiap kelas membuat grup problem solver, harapannya dinaspun melakukan hal sama dengan menjadikan Kaizen sebagai mulok, karena ini bagus untuk melatih siswa,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMK Al-Muslim, Misdaliah mengatakan kalau program Kaizen tersebut tidak sekadar memecahkan setiap permasalahan, tapi memiliki data valid serta aktual. Karena, setiap siswa diberikan waktu untuk menganalisis sejak awal Januari lalu. “Ini semua fix by data, ada analisisnya, tidak bisa asal bicara,” ucapnya.

Melalui  program Kaizen, diharapkan siswa terbiasa memecahkan sesuatu masalah serta mampu menciptakan  produk baru. ”Bagus, karena dengan Kaizen, kita membangun serta mencetak anak berkarakter problem solver, bukan trouble maker,” pungkasnya. (ich/pms)

Sumber : Radar Bekasi , Senin 16 Mei 2016

http://gobekasi.pojoksatu.id/2016/05/16/pertama-program-kaizen-di-smk-al-muslim/