LDKS Wadah Membentuk Karakter Pemimpin

smk ldks 2018 1

 

Sejalan dengan visi misi yayasan al muslim untuk mencetak generasi khalifatul fil ardh yang rahmatan lil alamin, SMK Al Muslim berupaya membekali setiap siswa untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang pemimpin.

Karena itulah dirancang kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) dan Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) untuk seluruh siswa, tanpa terkecuali. Baik mereka yang akan menjadi calon pengurus OSIS maupun tidak, semua diwajibkan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini dimaksudkan agar setiap lulusan SMK Al Muslim kelak dapat berkompetisi dan berdaya guna dengan bekal kepemimpinan yang mereka miliki.

LDKS dan LKS lanjutan yang digelar SMK Al Muslim dilaksanakan secara berkala, mulai dari tingkat dasar, terampil dan mahir. LDKS pertama dilaksanakan pada tanggal 10-11 Agustus 2018 yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X. LKS lanjutan tingkat terampil dilaksanakan pada tanggal 14-15 September 2018 diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI dan XII.

Selama mengikuti LDKS dan LKS, seluruh peserta dibekali berbagai kegiatan dan keterampilan yang terkait dengan kepemimpinan dan kedisiplinan. Hal ini bertujuan untuk membentuk peserta LDKS dan LKS menjadi pribadi yang lebih matang, mandiri, memiliki kedisiplinan, kemampuan bekerjasama dan interaksi sosial yang baik.

Untuk mencapai tujuan tersebut, materi yang diberikan mencakup pemahaman dan penguatan nilai-nilai spiritual, pengetahuan dasar dan keterampilan kepemimpinan, dasar umum pembinaan disiplin, etika komunikasi dan komunikasi efektif, serta beberapa kegiatan lain yang dikemas dalam bentuk praktik di lapangan ataupun game.

Panitia yang merupakan gabungan antara pengurus OSIS dan ambalan pramuka di bawah komando ibu Ita Anggraini, SE selaku guru Leadership, merancang kegiatan LDKS secara menyenangkan. Walaupun kegiatan LDKS terbilang cukup padat tetapi perserta merasa senang. Hal ini terlihat pada saat sesi testimoni, di mana sebagian besar siswa merasa kegiatan LDKS dan LKS ini sangat bermanfaat dan juga menyenangkan karena sebagian materi dikemas dalam bentuk game sehingga tidak membosankan.

Agar hasil pembentukan kedisiplinan dan kemampuan baris berbaris siswa dapat lebih maksimal, dalam kegiatan LDKS dan LKS ini, SMK Al Muslim bekerjasama dengan Koramil Tambun Utara mengadakan pelatihan baris-berbaris.

SMK Al Muslim akan terus berbenah dan berupaya memberi yang terbaik dengan memberikan bekal kemampuan sebagai seorang pemimpin dan juga seorang pengusaha atau entrepreneur bagi lulusannya. Oleh karena itu butuh dukungan dan sinergi seluruh komponen pendidikan yang ada di lingkungan al muslim, terutama guru dan siswa. “Tunjukkan bahwa SMK bias”, pungkas Najemudin, S.Si, selaku Kepala SMK Al Muslim, pada kegiatan penutupan LDKS.

HUBUNGI KAMI

YAYASAN AL MUSLIM TAMBUN
Jl. Raya Setu Kp. Bahagia Kabupaten Bekasi 17510

Telepon
Fax
SMS
Email

: 021 8836-2227, 021 8832-9822
: 021 8831-167
: 0857-7459-7728
:

SATUAN PENDIDIKAN

TK
SD
SMP
SMA
SMK

: 021 8831-203
: 021 8833-7004
: 021 8832-1346
: 021 8833-5907
: 021 8830-041

MAP LOKASI

MEDIA SOSIAL

Follow us & get in touch.

 

QUICK LINKS :

- News & Events

- Sumber Belajar

- BSM

- PPDB