Green Education

A. Definisi Program Green Education

Pembelajaran Green Education (GE) dan Sains merupakan salah satu mata pelajaran unggulan yang menjadi ciri khas Yayasan Al Muslim. Pembelajaran sains ini mengarah pada pengalaman kehidupan sehari-hari, yang di fokuskan pada pembelajaran praktik, baik dalam kelas maupun laboratorium, dan alam sekitar menjadi sumber belajar. Pembelajaran Sains sering dikolaborasikan dengan pembelajaran pendidikan karakter terhadap lingkungan. Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut. Pendidikan karakter terhadap lingkungan dalam Yayasan al muslim di kenal dengan green education.Pembelajaran GE identik dengan pengenalan terhadap lingkungan. Karakter yang ditumbuhkan pada pembelajaran GE adalah sikap peduli terhadap lingkungan .

Pendidikan karakter (character education) sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik. Pendidikan moral yang diharapkan dalam pembelajaran GE ini harus tumbuh dan membudaya dalam diri masing-masing warga sekolah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pemimpin dibentuk, bukan hanya dilahirkan. Hal ini membuktikan bahwa karakter dan skill (kemampuan) sangat berperan besar dalam kepemimpinan seseorang. Jika tidak dilatih sejak dini, maka seseorang tidak dapat menjadi pemimpin yang handal di masa depan. Karena itu, membekali peserta didik dengan pelatihan kepemimpinan sejak dini di sekolah  sangat penting untuk dilakukan.

Hal tersebut di atas sangat sejalan dengan rumusan tujuan pendidikan nasional Nomor 20 Pasal 3 tentang sistem Pendidikan Nasional yang menjelaskan bahwa: Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kretaif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

 

B. Tujuan Program Gugus Green Education

Tujuan pelaksanaan program gugus GE - Sains adalah :

1. Peningkatan nilai-nilai diri untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki kecerdasan otak sekaligus kecerdasan hati.

2. Penguatan integritas peserta didik dan tenaga pendidik Sains - GE.

3. Kemampuan berfikir dan belajar dengan cara mengakses, memilih dan menilai pengetahuan untuk mengatasi permasalahan yang muncul dengan 6 pilar GE.

4. Mengembangkan kecakapan hidup dalam kegiatan yang mengintegrasikan pendekatan ilmiah dan melalui budaya cinta lingkungan, sikap terhadap lingkungan, mengatasi masalah lingkungan, dan memiliki keterampilan hidup.

5. Menyeluruh dan berkesinambungan membentuk generasi create creative, confidence, & caring generation.

6. Kompetensi mencakup keseluruhan dimensi kemampuan yaitu pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, pola pikir dan perilaku yang disajikan secara berkesinambungan mulai dari usia taman kanak-kanak sampai dengan jenjang menengah.

7. Belajar kreatif sepanjang hayat, menerapkan keterampilan 4C yang berkesinambungan.

8. Pendidikan diarahkan pada proses pembiasaan dan pemberdayaan peserta didik untuk membangun karakter dan mewujudkan perilaku kepemimpinan.

 

C. Manfaat Program Gugus Green Education

Secara umum program GE - Sains diharapkan dapat melatih kreativitas, kepemimpinan secara lebih efektif kepada peserta didik dimulai sejak usia TK sampai dengan SLTA. Selain itu manfaat utama program gugus sains GE bagi siswa,  yaitu:

1. Membentuk Skill dan Karakter terhadap lingkungan

Sains - GE akan membangun karakter dan melatih skill seseorang terhadap lingkungan.  Semakin cepat dilatih maka semakin banyak dan kuat karakter yang terbentuk serta skill yang dikuasai.  Melalui berbagai metode dan pendekatan yang telah dirancang pada proses pembelajaran diharapkan akan mampu membentuk dan melatih skill seseorang terhadap lingkungan.

2. Belajar membangun komunitas

Membangun komunitas pecinta lingkungan adalah salah satu cara sarana tepat untuk melatih tanggungjawab terhadap lingkungan. Sekolah dan sebagai institusi pendidikan harus mempersiapkan sarana bagi siswa untuk dapat membangun komunitas. Dalam dunia bisnis nanti, kualitas para siswa sebagai pemimpin akan dilihat dan diuji. Orang akan lebih tertarik dengan pengalaman mereka daripada diri mereka sendiri. Dengan berorganisasi, mereka dapat mempraktikan secara langsung semua skill yang telah dipelajari, khususnya kerjasama tim (teamwork), sehingga mereka siap untuk menjadi pemimpin di masa depan.

3. Membangun kepercayaan diri

Membelajarkan Sains - GE sedini mungkin akan menumbuhkan rasa percaya diri. Para siswa tidak akan pernah berani memimpin jika tidak pernah memegang tanggung jawab. Karena itu, adanya pelatihan Sains - GE di sekolah akan melatih keberanian dan kepercayaan diri dalam memimpin. Semakin sering mereka memimpin, maka akan semakin terbiasa untuk memegang kendali. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk menjadi pemimpin handal di masa depan.

 

D. Ruang Lingkup Program Pembelajaran Green Education

Ruang lingkup pembelajaran GE - Sains sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai karakter bagi peserta didik meliputi :

1. Memiliki sikap ilmiah

Melatih siswa untuk membangun dan memiliki citra diri positif melalui pembiasaan dan perilaku positif terhadap lingkungan.

2. Mengenal lingkungan

Melatih siswa untuk menjadi pendengar, pembicara, penulis, pembaca dan Body languange yang baik.

3. Mengenal hewan dan tumbuhan

Melatih siswa untuk berinteraksi sosial secara positif dengan menunjukkan sikap peduli, berbagi, dapat dipercaya, tanggung jawab dan dapat diandalkan.

4. Mengenal masalah lingkungan

Melatih siswa untuk dapat belajar secara mandiri, dalam mensikapi lingkungan.

5. Kesadaran global

Melatih siswa untuk dapat sadar lingkungan.

6. Keterampilan hidup

Melatih siswa untuk dapat mengelola sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan hidupnya.

 

E. Anggota Gugus Green Education

Gugus GE SAINS 2

BSM

HUBUNGI KAMI

YAYASAN AL MUSLIM TAMBUN
Jl. Raya Setu Kp. Bahagia Kabupaten Bekasi 17510

Telepon
Fax
WhatsApp
Email

: 021 8831-167, 021 8832-9822
: 021 8831-167
: 0812-9696-3300
:

SATUAN PENDIDIKAN

TK
SD
SMP
SMA
SMK

: 021 8831-203
: 021 8833-7004
: 021 8832-1346
: 021 8833-5907
: 021 8830-041

MAP LOKASI

MEDIA SOSIAL

Follow us & get in touch.

facebook instagram twitter youtube

 

QUICK LINKS :

- News & Events

- Sumber Belajar

- BSM

- Pendaftaran Online