Create Creative, Confident & Caring Generations

Menjadikan Generasi Muslim yang siap menjadi Khalifatullah Fil Ardl yang Abdillah dan Rahmatan lil Alamin dan Berakhlakul Karimah.

ISLAM TERPADU

#DigislamicSchool

Pendidikan agama akan dapat memenuhi fungsinya apabila ia mampu menggerakkan anak didik belajar mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari (Soedjatmoko, 1977)

AL MUSLIM

Definisi

Pendidikan agama di sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Al Muslim tidak hanya menjadi tanggung jawab guru agama, melainkan juga menjadi kewajiban semua guru. Setiap pendidik diwajibkan memberikan muatan agama secara terintegrasi pada bidang studi yang diajarkannya.

Pendekatan pembelajaran pendidikan agama dilakukan secara terpadu antara teori dan praktik. Secara teori, pendidikan agama diberikan oleh guru agama Islam pada saat proses belajar mengajar. Sedangkan praktik agama dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Praktik agama secara langsung karena terkait dengan materi yang diajarkan oleh guru agama. Sedangkan praktik tidak langsung dilakukan terintegrasi pada berbagai kegiatan keseharian siswa di sekolah. Misalnya, sholat dhuha, tadarus, tahfidzul quran. Qiyamullail, shodaqoh, dan sebagainya.

Kegiatan praktik keagamaan dilakukan oleh seluruh unit sekolah di lingkungan Yayasan Al Muslim mulai unit PG sampai SMA dan SMK. Di unit play group dan TK, kegiatan keagamaan baik langsung maupun tidak langsung juga dilaksanakan di sekolah. Siswa mulai belajar berwudhu, berdoa setiap awal dan akhir kegiatan, sholat berjamaah, maupun muatan ajaran agama Islam dalam bidang pengembangannya. Di unit SD hingga SMA/SMK diadakan sholat dhuha, tilawati, kultum, sholat berjamaah, infaq shodaqoh, dan qiyamullail.

Pengembangan pendidikan agama menuju Al Muslim unggul, maju dan terpercaya dengan branding create, creative, confident and caring generation, mengharuskan semua komponen bekerja cerdas meningkatkan kualitas masing-masing. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, dan menyamakan persepsi di kalangan guru PAI dari PG, TK, SD, SMP, SMA, hingga SMK di bawah naungan Yayasan Al Muslim. Maka diadakan pertemuan sebulan sekali, atau sesuai kebutuhan. Pertemuan rutin ini sejalan dengan visi dan misi Yayasan Al Muslim.

AL MUSLIM

Tujuan Program

Tujuan pelaksanaan program PAI adalah :

1. Mewujudkan kemampuan dan kemahiran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga dapat menunjang usaha Peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan di kalangan guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

2. Membantu guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memperoleh informasi teknis edukatif, yang berkaitan dengan kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi, kegiatan kurikulum, metodologi, system pengajaran yang sesuai dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

3. Saling berbagi informasi dan pengalaman dari hasil lokakarya, symposium, seminar, diklat, penelitian tindakan kelas, referensi, dan sebagainya.

AL MUSLIM

Manfaat Program

Secara umum program PAI diharapkan dapat memberikan yang terbaik kepada seluruh siswa-siswi yang ada di lingkungan Yayasan Al Muslim. Siswa-siswi dan seluruh guru serta karyawan dapat mencerminkan akhlak yang mulia.

Terjalinnya silaturrahim antar guru PAI di Yayasan Al Muslim. Menambah wawasan keilmuan dan keagamaan guru-guru PAI.

Dengan demikian, niatan untuk melahirkan generasi muslim unggul dengan iptek dan imtaq yang berakhalakul karimah dapat terwujud.

AL MUSLIM

Program Unggulan

1. Menegakkan sholat berjamaah di seluruh unit.

2. Pembinaan akhlak bagi seluruh warga yayasan Al Muslim.

3. Membuat buku panduan sholat, dzikir dan doa untuk semua unit.

4. Menyelenggarakan workshop pembelajaran inovatif PAI.

5. Menyelenggarakan manasik haji bagi siswa-siswi SMP, SMA, dan SMK.

6. Membuat bahan ajar dan media pembelajaran PAI digital.

AL MUSLIM

Struktur

AL MUSLIM

Aktivitas