Praktik Salam-salim
PG-TK Al Muslim

Setiap orang tua pasti ingin buah hatinya menjadi anak yang cerdas, memiliki sikap yang santun, dan rasa peduli pada orang lain. Untuk mewujudkan hal itu, tentu anak perlu mendapatkan bimbingan yang baik dan benar. Tak hanya dari orang tuanya saja, namun sang anak juga perlu mendapat bimbingan yang positif dari lingkungan sekolahnya. PG-TK Al Muslim memiliki banyak program dimana siswa-siswinya diharapkan menjadi lulusan yang berakhlak mulia sejak dini. Salah satunya yakni menanamkan sikap sopan dan santun melalui praktik salam salim. 

Kegiatan praktik salam salim PG-TK Al Muslim telah dilaksanakan selama satu minggu yang digilir setiap kelasnya. Di hari Senin, beberapa siswa dari kelas TK A, kemudian di hari berikutnya beberapa kelas dari TK B, dan disusul siswa-siswi PG di hari-hari berikutnya. Anak-anak tersebut berbaris rapi dituntun oleh guru kelasnya menuju gedung Yayasan Al Muslim.

Satu persatu anak-anak mulai memasuki ruangan yang ada di gedung yayasan. “Assalamualaikum,” ucap anak-anak begitu tiba di dalam ruangan. Mereka segera menghampiri para staff dan bersalaman. Sebelumnya, anak-anak juga sudah diajarkan bagaimana cara salaman yang benar, jadi saat melakukan praktik salam salim ini mereka sudah paham dan mulai menerapkan apa yang sudah diajarkan oleh guru kelas. “Salimnya ke hidung, bukan ke pipi atau jidat,” guru yang mendampingi mereka tak hentinya mengingatkan pada anak-anak. 

Semoga setelah melakukan praktik ini siswa-siswi PG-TK Al Muslim semakin terlatih untuk bersikap sopan dan santun di depan orang yang lebih tua, ya. 

 

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook