Manasik Haji
20 TK se-Kabupaten Bekasi


#DigislamicSchool

PG-TK Al Muslim telah melaksanakan peragaan manasik haji. Acara ini diikuti oleh lebih dari 700 siswa yang berasal dari 20 PG, PAUD, dan TK se-Kabupaten Bekasi. Sejak pukul 08.00 WIB, seluruh peserta manasik haji sudah duduk rapi di Aula Khalid bin Walid untuk mengikuti rangkaian acara. Para orang tua yang ikut mengantarkan putra-putrinya menunggu di kantin SD Al Muslim yang letaknya di samping Aula Khalid bin Walid.

Acara dibuka oleh guru TK Al Muslim yakni Ibu Maria dan Ibu Riani. Kedua ibu guru TK ini menyambut hangat para peserta yang sudah hadir di Al Muslim. Tanpa banyak basa-basi, Ibu Riani pun mempersilakan Ibu Rachmasari Aulia, S.Psi., selaku Kepala PG-TK Al Muslim untuk memberikan sambutan. Dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Yayasan Al Muslim yakni Bapak Drs. Kamarrudin H. Husein, M.Si., yang berkesempatan hadir dalam acara manasik haji kali ini.

Setelah sambutan, tiga siswa dari TK Al Muslim unjuk kebolehannya dalam menghafal ayat Alquran. Mereka tampil kompak saat membawakan Surat An-Naba. Hal ini pun membuat kagum para guru dan orang tua yang hadir di Aula Khalid. Tak hanya itu saja, penampilan mendongeng Ibu Mira Sefriastina, S.Pd., juga mampu membuat seluruh siswa semakin riang gembira. Ditambah lagi, Ibu Mira bercerita tentang sejarah Nabi Ibrahim bersama sahabatnya yakni boneka Barney. Bu Mira juga membagikan hadiah bagi para siswa yang tetap rapi dan tenang menyimak cerita darinya.

Acara inti pun dimulai, titik pertama peragaan manasik haji berada di Aula Khalid. Di sana, semua siswa membaca niat haji terlebih dahulu sebelum akhirnya melewati beberapa prosesi ibadah haji. Baru kemudian menuju Arafah, Muzdalifah, melakukan lempar Jumrah di Mina, dan mengelilingi Kakbah serta sa’i dari Safa ke Marwa. Di setiap tempat, setiap kelompok akan diberi penjelasan tentang kegiatan apa saja dan bagaimana cara melakukannya. Manasik haji bagi siswa PG-TK ini dilakukan untuk menanamkan rasa cinta anak pada Allah swt., serta para nabinya, mengenalkan tata cara ibadah haji yang benar, dan tentunya memberikan bekal iman untuk siswa sejak usia dini.

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook