KBM Lapangan Level 6 Bersama Mahasiswa IPB


#DigislamicSchool

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) SD Al Muslim level 6 terasa berbeda kali ini. Pasalnya, seluruh siswa melangsungkan kegiatan belajar tidak di dalam kelas seperti biasanya. Mereka mendapat kesempatan belajar di Institut Pertanian Bogor bersama beberapa mahasiswa dari Fakultas Peternakan. Pembelajaran di luar ruangan ini tentu saja membuat para siswa sangat gembira. 

Seluruh siswa level 6 langsung berkumpul di sebuah ruangan Agroedutourism IPB begitu menginjakkan kaki di kampus IPB. Agroedutourism sendiri merupakan sebuah sarana wisata edukasi pertanian dan peternakan yang ditawarkan oleh IPB untuk dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak berusia dini hingga mahasiswa atau umum. Di sini, seluruh pengunjung dapat mempelajari tentang binatang ternak, binatang peliharaan, dan beberapa tumbuhan. Karena IPB memang memiliki beberapa obyek wisata seperti kebun tanaman obat, tempat ternak sapi, hingga rumah sakit hewan.

Seluruh siswa level 6 yang berjumlah 123 siswa dibagi menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok dipandu oleh satu mahasiswa IPB. Satu persatu kelompok mulai menuju pos-pos yang sudah disiapkan. Pos pertama, mereka mengenal lebih jauh tentang hewan domba. Mahasiswa dari pertenakan IPB pun menjelaskan dengan rinci apa perbedaan domba dan kambing, bagaimana cara berkembang biak, dan lain-lain. Setelah itu menuju ke pos dua, tempat sapi potong dan sapi perah. Para siswa juga berkesempatan untuk memberi makan sapi yang ada di sana, lho. 

Setelah dapat melihat langsung sapi di kandang, seluruh siswa kembali ke ruangan untuk memasak bakso sapi bersama-sama. Tak cuma sekadar memasak bakso, kakak mahasiswa IPB juga menjelaskan tentang bahan-bahan yang digunakan, tips serta kandungan apa saja yang ada pada daging sapi. Para siswa pun menyimak dengan tenang dan mulai mencatat penjelasan tersebut di lembar kerja (LKS) mereka masing-masing.

Terima kasih kakak-kakak dari IPB yang sudah menerima kehadiran siswa SD Al Muslim dan memberikan pengalaman baru untuk kami.  

Leave a Reply

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook