Jejak SD Al Muslim dalam
Saintika 2019


#DigislamicSchool

Oleh: Yuli Astuti, M.Pd.

 

Beberapa tahun terakhir ITB menggelar perlombaan Saintika (sains dan matematika kreatif). Setelah vakum beberapa saat karena tidak ada perlombaan, maka tahun 2019 ini program saintika dilaksanakan kembali oleh mahasiswa ITB jurusan MIPA, yang diikuti oleh siswa-siswi sekolah dasar dari seluruh Jawa Barat. Sebelumnya diadakan workshop terhadap guru sains dan matematika di gedung serbaguna Salman ITB. Adanya workshop saintika diharapkan akan memberikan wawasan yang luas pada seluruh guru di Jawa Barat tentang sains dan matematika kreatif. Workshop diberikan dengan biaya yang terjangkau, sehingga guru dapat mengakses kegiatan tersebut. 

 

Pada tanggal 21 September 2019 diadakan perlombaan saintika untuk siswa SD. Kami mempersiapkan perlombaan ini sebulan sebelumnya, melalui tiga tahap yaitu planning (perencanaan), pembinaan, dan pelaksanaan. Perencanaan ini meliputi pembuatan TOR yang diajukan ke Yayasan Al Muslim guna memperoleh pembiayaan untuk pelaksanaan lomba tersebut. Tahap kedua adalah pembinaan meliputi pembinaan 3 tim yaitu tim putri yang terdiri dari Aqila, Danin, dan Keine, tim putra yang terdiri dari tim Najwan, Aza, Dhika, dan Tim Azzam yaitu Azzam, Shidiq, dan Hanan. Mereka berjibaku berlatih setiap hari pukul 13.00. Tak ada waktu untuk istirahat bagi guru pembimbing dan tim. Guru pembimbing saintika yaitu Bu Sri Angkasawati, M.Pd., Bu Yuli Astuti, M.Pd., Bu Siti Indiyani Dewi, S.Pd., dan Bapak Iman Sukirman, S.Pd. Perpaduan sains dan matematika dikemas dalam bentuk penyelesaian teori sains dan matematika. Sedangkan praktikum yang dilakukan adalah praktikum sains. Meski waktu terbatas, tim yang diikutkan lomba sangat senang. Latihan diberikan dengan menggunakan soal olimpiade nasional dan soal saintika tahun sebelumnya. 


Hari Sabtu pagi, kontingen tim saintika berangkat menuju lokasi di area Masjid Salman ITB Bandung. Menggunakan mobil yang sudah disediakan Yayasan Al Muslim, kami pun meluncur dengan penuh doa dan semangat. Ikhtiar dan doa selalu kami panjatkan untuk meraih yang terbaik. Pelaksanaan lomba meliputi teori dan praktek yang dirangkai dalam bentuk wide game. Menyenangkan dan membahagiakan ketika diakhir pengumuman kontingen kami dari tim Azzam meraih juara 2 Saintika tingkat Provinsi Jawa Barat. Rasa syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang selalu memberikan limpahan karunia-Nya. Memberikan yang terbaik pada tim kami. Allah maha memberi. Dan ingatlah bahwa setiap yang kita lalui memang sudah tertulis. Salam Literasi Sainstika.

Leave a Reply

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook