Menanam dan Memasak, Begini Serunya Guest Teacher Level 2


#DigislamicSchool

Ada yang berbeda dengan pembelajaran siswa SD level 2 pada Rabu, 16 Oktober 2019. Bukan di dalam kelas, kali ini mereka menghabiskan waktu belajarnya di Kalam Kopen, Tambun, dengan menghadirkan guru tamu atau guest teacher. Guru tamu mereka kali ini adalah pengusaha mie sehat ala rumahan yang membuat mie dari sayur-mayur dan buah-buahan. 

Sebelum belajar membuat mie sehat, seluruh siswa diberi materi tentang tanaman dan belajar menanam buah dan sayur terlebih dahulu. Siswa diberi wadah berupa gelas air mineral bekas satu persatu. Setelah itu mereka mengisi gelas-gelas tadi dengan tanah yang sudah disediakan oleh guru-guru. Dan tak lupa menaruh bibit sayur dan buah di gelas yang sudah diberi tanah. Setelah seru-seruan menanam, siswa diperbolehkan untuk bermain flying fox. Meski awalnya dipenuhi rasa takut, namun mereka terlihat gembira setelah turun dari wahana tersebut. 

Waktu memasak mie sehat pun tiba. Sepasang suami istri yang merupakan pengusaha mie itu mengenalkan bahan-bahan dasar untuk membuat mie. Kemudian menunjukkan cara membuat adonan mie dari masih bahan kering hingga adonan kalis. Ketika menggiling adonan menjadi mie,  beberapa siswa diajak untuk menggiling dan merebus adonan mie yang sudah jadi. Tentu saja dengan pendampingan dari guru kelasnya masing-masing. 

Kegiatan guest teacher kali ini ditutup dengan makan mie bersama-sama dan salat zuhur berjamaah. Sebelum kembali ke sekolah, para siswa dan guru foto bersama dengan guru tamunya itu. “Terima kasih bapak dan ibu,” begitu seruan seluruh siswa ketika guru tamu tersebut hendak pulang. 

Leave a Reply

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook