Workshop Inovatif PAI

#DigislamicSchool

Oleh: Munirotul Badriah, S.Th.I.

Kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Yayasan Al Muslim yang kedua Tahun Pelajaran 2019-2020 dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Oktober 2019 di Aula Khalid Bin Walid. Kegiatan berupa “Workshop Pembelajaran Inovatif PAI.” Narasumber pada acara ini dua orang yaitu Bapak Tanenji, MA. dan Bapak Yudhi Munadi, M.Ag. Peserta workshop berjumlah 22 orang, yang terdiri dari gugus PAI, guru-guru yang mengajar PAI di kelas 1 dan 2 SD Al Muslim, serta 5 orang koordinator tilawati setiap unit. Tiga orang peserta berhalangan. Acara dimulai dari jam 08.00 – 15.00 WIB. 

Narasumber merupakan dosen strategi pembelajaran dan media pembelajaran Universitas UIN Syarif HidayatullahJakarta, yang berdomisili di Bogor dan Depok. Kedua narasumber sangat disiplin waktu, dikarenakan tempat tinggal jauh dari lokasi workshop, maka beliau berdua memutuskan untuk berangkat dari rumah pukul 05.00, dan mengkonfirmasi ke panitia tentang keberangkatannya agar tidak terjadi miss communication. Pukul 07.00 Pak Yudhi dan Pak Tanenji telah tiba di yayasan Al Muslim. Beliau berprinsip “lebih baik datang lebih dulu daripada terlambat.” Sikap disipilin mereka satu contoh yang dapat ditiru.

Acara dimuai tepat pukul 08.00 WIB dihadiri oleh Kabid. Pendidikan Yayasan Al Muslim Bapak Drs.H.Saepudin Zuhri, MM. dan Ka Ur Pusat Sumber Belajar Bapak Ir.H. Sahid Hudri. Acara berlangsung sesuai rencana, kedua narasumber yang professional di bidangnya, dan telah berpengalaman menjadi trainer (lebih dari 100 kali mengisi pelatihan maupun workshop di sekolah-sekolah, bahkan menjadi trainer untuk guru-guru ke Arab Saudi dan dari Arab Saudi ke Indonesia, sekaligus assessor di DKI Jakarta) dengan semangat dan lugas menyampaikan materi strategi dan media pembelajaran. Kedua pemateri yang bertumbuh tegap dan mungil berhasil menghayutkan peserta workshop pada alur kegiatan yang mereka rancang. Peserta yang terdiri dari Bapak dan Ibu guru terlihat sangat antusias dan menikmati setiap penjelasan dan kegiatan praktek pembelajaran yang disajikan.

Para peserta menanyakan hal-hal yang selama ini menjadi masalah mereka dalam proses pembelajaran yang mereka hadapi di kelas. Ada tiga orang guru yang bertanya yaitu Bapak Okih (guru PAI SMP), Ibu Munirotul Badriah (guru PAI SD), dan Ibu Ainun Jariah (guru PAI SMA). Pertanyaan-pertanyaan dijawab oleh narasumber dengan jelas dan lugas, membuat para guru merasa puas dan termotivasi. 

Setelah kegiatan ISHOMA, tidak disangka bahwa peserta workshop tetap antusias dan tidak sadar jika waktu telah menunjukkan pukul 15.00, karena narasumber menyampaikannya dengan asyik dan menyenangkan. Sebelum acara diakhiri, narasumber memilih peserta terbaik (penilaian juga dilihat dari keseharian guru tersebut; informasi keseharian dari panitia). Adapun peserta terbaik dan beruntung yaitu Bapak Muhammad Nurul Huda (guru PAI SD), Bapak Okih (guru PAI SMP), dan Ibu Ainun Jariah (guru PAI SMA). Setelah itu pemberian kenang-kenangan untuk narasumber sebagai ucapan terima kasih dari Pusat Sumber Belajar Yayasan Al Muslim. Kegiatan diakhiri dengan membaca doa yang dipimpin oleh Bapak Muhammad Nurul Huda.

Banyak ilmu yang didapat dari kegiatan Workship Pembelajaran Inovatif PAI. Semoga para peserta dapat menerapkan ilmunya di dalam proses pembelajaran. Sehingga tercipta pembelajaran yang aktif, inovatif dan menyenangkan.

Leave a Reply

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook