Kegiatan KKG SIT 3: Membuat Media Belajar Digital

#DigislamicSchool

Oleh: Munirotul Badriah, S.Th.I.

Kegiatan Kelompok Kerja Guru Syariat Islam Terpadu (KKG SIT) Yayasan Al Muslim yang ketiga Tahun Ajaran 2019-2020 dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Februari 2020 di kelas VI Umar SD Al Muslim. Pertemuan kali ini memiliki beberapa agenda, yaitu sosialisasi kelengkapan administrasi, persiapan acara manasik haji, dan pembuatan media pembelajaran digital. 

Alhamdulillah hampir semua anggota gugus hadir dalam kegiatan ini, hanya dua orang guru yang berhalangan hadir dikarenakan memiliki keperluan yang tidak bisa ditinggalkan. Kegiatan dimulai sekitar pukul 08.00 – 11.00. Diawali dengan muraja’ah surah Al-Mulk bersama dipimpin oleh Bapak Muhammad Nurul Huda, S.Pd. Pada setiap pertemuan, gugus SIT merutinkan dengan muraja’ah maupun tadarrus Al-Qur’an. Hal ini bertujuan untuk melancarkan dan mengoreksi bacaan setiap guru serta meningkatkan hafalan para guru, selain bertujuan untuk mencari keberkahan dari Alloh SWT melalui setiap huruf yang telah dibaca.

Agenda berikutnya yaitu sosialisasi kelengkapan administrasi yang harus diisi oleh guru. Dalam hal ini ketua gugus telah menyiapkan folder dan item apa saja yang harus diisi oleh setiap guru, dalam rangka menyeragamkan dan memudahkan kerja anggota gugus. Semua file disimpan dalam drive masing-masing di cloud. Saat Kaur Pusat Sumber Belajar Yayasan Al Muslim ingin mengecek, cukup dengan membuka drive dari masing-masing gugus. Maka akan terlihat kelengkapan administrasi para anggota gugus.

Dilanjutkan dengan pembahasan persiapan kegiatan manasik haji. In syaa Allah akan dilaksanakan pada Rabu, 1 April 2020. Peserta diambil dari siswa-siswi SMA dan SMK kelas X. Secara teknis dibahas dengan detil, dari alat-alat yang harus dibawa oleh siswa, sampai perlengkapan umum yang disediakan oleh gugus SIT. Pembahasan sedikit alot saat berdisuksi tentang khilafiah materi haji. Akan tetapi kita sepakat untuk mengambil materi yang umum digunakan. 

Ketika semua persiapan dianggap cukup, maka kegiatan KKG  berikutknya adalah praktik membuat media pembelajaran digital. kali ini ada dua materi yaitu membuat soal dengan barcode dan membuat TTS online. Meskipun banyak guru yang tidak membawa notebook sehingga tidak dapat praktik langsung, akan tetapi mereka antusias sekali dengan penjelasan dari Ibu Munirotul Badriah, S.Th.I. sebagai ketua gugus tentang langkah-langkah membuat media tersebut.   Hal ini dikarenakan media yang disampaikan sangat mudah dan memungkinkan untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. 

Bagi guru yang tidak membawa notebook maupun yang tidak hadir dalam pertemuan kali ini, dapat mempraktikkan cara membuat soal dengan barcode dan membuat TTS online di rumah. Langkah-langkah pembuatan media pembelajaran digital telah dishare pada drive gugus SIT. Sehingga memudahkan bagi anggota gugus untuk mencobanya.

Saat semua anggota gugus SIT telah merasa paham tentang pembuatan media pembelajaran digital. Maka pertemuan pun berakhir. Tidak lupa ditutup dengan membaca hamdalah dan doa kafarotul majlis. Semoga kegiatan KKG SIT ini memberi banyak manfaat dan keberkahan bagi guru-guru PAI khususnya dan civitas academica Yayasan Al Muslim umumnya. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

Leave a Reply

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook