Raih Mimpi di PRF UI 2020

#DigislamicSchool

Oleh: Yuli Astuti, M.Pd.

 

Pesta Rakyat Fisika (PRF) UI, merupakan kegiatan yang diselenggarakan Fakultas MIPA jurusan Fisika. Kegiatan ini setiap tahunnya selalu meriah disertai kreativitas yang luar biasa dari kakak mahasiswa Fisika UI. Sebagai penggemar setia, kami adik-adik SD Al Muslim selalu berkontribusi mengikuti perlombaan yang digelar di planet PRF. Seluruh rangkaian kegiatan ini memeriahkan HUT Jurusan Fisika UI. Kali ini PRF UI genap 10 tahun, dan Alhamdulillah kami selalu ikut dalam kegiatan tersebut. Menang kalah yang penting berusaha menjadi yang terbaik, itulah semboyan kami setiap mengikuti lomba ini. Di PRF ini tidak hanya perlombaan untuk jenjang SD melainkan mulai dari mahasiswa, SMA SMK, SMP juga digelar. Selama satu bulan penuh kegiatan yang berlangsung dan puncaknya pada 15 Februari 2020. 

 

Bermula dari rasa penasaran untuk mengikuti lomba, yang sebenarnya merasa lelah karena jauh dan macet. Namun tekad kami mengenalkan anak-anak SD Al Muslim dalam kegiatan fisika menjadi motivasi tersendiri. Sehingga selama dua minggu kami latih mereka disela waktu istirahatnya. Mereka sangat antusias dan tertarik sehingga untuk kumpul di jam istirahat tak merasa kesulitan. Perlombaan yang diikuti adalah FUNEX (Funs Experiment) dan LCC (Cerdas Cermat). Tim SD Al Muslim terdiri dari 3 tim Funex dan 3 tim LCC. Keberangkatan disertai doa dari orang tua siswa dan manajemen sekolah serta iringan Bapak/Ibu guru menjadi semangat kami. Sabtu pagi menuju UI menggunakan mobil Tayo milik Yayasan Al Muslim yang sangat disenangi anak-anak, kami meluncur bersamaan gerimis yang mengalir. Sesampai di balairung UI Depok, kami disambut dengan ramah oleh kakak mahasiswa untuk mengarahkan ke bagian registrasi dan menempati tempat yang tersedia.

 

Lomba kali ini adalah yang ke tujuh kami ikuti, meski sering ikut, namun setiap tahun tema selalu berganti. Tahun ini mengusung tema “Light You Up to be Brighter“. Untuk fun experiment yang menjadi ikon lomba SD adalah tentang fluida, mekanika, dan listrik. Ketika kita berusaha, maka doa dan pasrah pada Allah itulah yang menjadi kekuatan. Membekali anak-anak selama dua minggu merupakan bekal yang belum cukup, namun siap tidak siap harus maju dan bertanding. Pada Funex peserta terdiri dari 16 tim yang akan dibagi menjadi 3 babak yaitu penyisihan, semifinal, dan final. Masing-masing peserta wajib melakukan percobaan yang telah di instruksikan oleh kakak penguji dan tim juri akan melihat hasil percobaan serta pembahasan tiap tim. Satu persatu babak mulai dilalui, tim eksperimen masuk ke babak semifinal kemudian masuk ke babak final. Masing-masing menjadi kekuatan kami. Tim LCC pun dibagi menjadi 3 babak yaitu penyisihan, semifinal, dan final. Perjuangan anak-anak menyisihkan beberapa tim dari sekolah lain adalah perjuangan yang tidak mudah. Finally, di akhir babak final tim I dalam LCC yaitu Hanan, Nadhzifa, dan Raisya berjuang agar menjadi yang terbaik. 

 

Saat pengumuman pun menjadi kebahagiaan kami dan bersyukur karena tim I Funex meraih juara I dan tim I LCC meraih juara I. SD Al Muslim the winner di ajang PRF UI 2020. Dibalik semua itu ada Allah yang memberi Ridho-Nya dan memberikan kesempatan kami meraih yang terbaik. 

Leave a Reply

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook