Pengalaman Seru Guru saat Melakukan Pembelajaran Jarak Jauh

#DigislamicSchool

Demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pemerintah telah mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga jarak dengan orang lain dan melakukan semua kegiatan dari rumah sejak 16 Maret 2020. Terhitung sejak ditetapkannya imbauan tersebut, kegiatan belajar dan bekerja dari rumah saat ini sudah memasuki minggu ke-4. 

Banyak sekali cerita dan pengalaman dari orang tua dan siswa mengenai Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang ramai diperbincangkan di linimasa selama beberapa minggu belakangan ini. Diantaranya tentang sulitnya mengakses internet dengan lancar, keterbatasan perangkat, hingga sulitnya membagi waktu antara pekerjaan kantor dan mendampingi anak belajar. 

Lalu bagaimana tanggapan guru-guru Al Muslim mengenai PJJ ini?

Beberapa guru yang sempat tim humas wawancarai berpendapat bahwa PJJ membuat guru-guru semakin kreatif. Walaupun PJJ ini tidak seefektif belajar di sekolah, namun para guru berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan suasana belajar yang seru. Misalnya, seperti Ibu Mira Sefriastina, S.Pd., beliau merupakan guru SD level 2 yang memanfaatkan platform YouTube sebagai media pembelajarannya. Sejak PJJ ini diberlakukan, Bu Mira mulai menata kembali konten YouTube-nya menjadi konten video pendidikan. Bu Mira jadi cukup aktif membagikan video pembahasan materi pelajaran ke kanal YouTube. Dengan cara belajar seperti ini, tentu saja anak-anak sangat senang dan tidak cepat bosan.

Lain lagi dengan Ibu Yuli Astuti, M.Pd., guru SD level 4. Beliau rutin komunikasi dengan siswanya dengan menggunakan aplikasi Zoom for Education. Melalui aplikasi tersebut, Ibu Yuli membagikan materi sekaligus melakukan praktik pembelajaran yang mana siswanya diminta untuk bernyanyi dan melakukan percobaan sains. Selain itu, Bu Yuli juga memanfaatkan Kahoot untuk melakukan latihan soal. Dengan adanya fitur yang menarik, siswa cukup senang dan sangat antusias mengerjakan soal lewat media Kahoot. Bahkan, menurut pemaparan Bu Yuli, siswa selalu menagih untuk dibuatkan soal latihan di Kahoot.

Beberapa guru dari unit PG-TK hingga SMK pun mengatakan sejauh ini semua pembelajaran berjalan lancar. Meskipun pada awalnya banyak orang tua dan siswa mengeluh karena kesulitan mengakses, namun guru-guru cukup tanggap mengatasi kesulitan tersebut. Bahkan, beberapa guru juga membuatkan video tutorial untuk memudahkan orang tua dan siswa mengakses aplikasi pembelajaran.

Berikut beberapa tips menciptakan suasana belajar jarak jauh yang seru dan menyenangkan ala guru-guru Al Muslim :

1. Komunikasi yang baik dengan siswa dan orang tua

2. Memberi motivasi positif pada siswa agar tetap semangat belajar

3. Sharing dengan orang tua mengenai pembelajaran, sikap anak saat di rumah, dan hal lainnya

4. Memberikan reward untuk siswa dan orang tua setelah selesai mengerjakan tugas-tugasnya

Leave a Reply

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook