NongBar 1.0 SMK Al Muslim

#DigislamicSchool

Setelah SMA, SMP, SD, dan TK, kini giliran unit SMK yang mengadakan kegiatan talkshow bersama alumni. Talkshow yang dikemas secara kekinian ini diberi nama NongBar 1.0 alias Nongkrong Bareng. Acara disiarkan langsung di kanal YouTube Yayasan Al Muslim Tambun pada Kamis (14/01). 

Nah, di acara NongBar episode perdana ini, SMK Al Muslim mengundang tiga alumni yang sudah berhasil meraih mimpinya dengan cara yang berbeda-beda. Mereka adalah Nanda Arya, alumni tahun 2014. Alfian Agum yang juga lulusan tahun 2014. Dan, Latifah Azzahra, alumni tahun 2020. Kira-kira, apa sih yang mereka lakukan setelah lulus? Bisa apa sih lulusan SMK? Yuk, simak cerita ketiga alumni tersebut.

Di segmen pertama, Bunda Sukaesih dan Kak Alam yang berperan sebagai host NongBar ini berbincang-bincang dengan Kak Nanda Arya. Setelah lulus SMK, Kak Nanda berhasil lolos di Politeknik Negeri yang ada di Jawa Barat. Memiliki keterampilan di dunia broadcasting membuat Kak Nanda masuk dalam media digital Kuy Entertainment. Kuy Entertainment adalah manajemen yang dikelola oleh deretan artis ternama yang kerap membagikan video-video kreatif dan inspiratif di Kanal Youtube. Wah, cocok banget buat anak muda zaman sekarang yang ingin menjadi Youtuber. 

Kak Nanda menceritakan pengalamannya sebelum terjun ke dunia entertainment. Ia membagikan pengalamannya yang pernah magang di Kementerian Sekretariat Negara. Di sana ia bertugas untuk meliput segala aktivitas presiden di Istana Negara. Bisa berkeliling ke berbagai daerah secara gratis untuk membuat dokumentasi yang dikemas menjadi film pendek. “Sebuah achievement yang luar biasa buat saya pribadi karena bisa merasakan itu semua,” ungkap Kak Nanda.

Masuk ke segmen kedua, Bunda Kesih dan Kak Alam mengajak Kak Alfian untuk sharing kegiatannya pasca lulus dari SMK Al Muslim. Kak Alfian merupakan seorang wirausaha muda yang berkecimpung di dunia perkopian atau kedai kopi. Kedai kopi yang diberi nama “PekPok Coffee” ini sudah berdiri sejak Juli 2019. Alasan Kak Alfian mendirikan kedai kopi adalah karena bekal kewirausahaan yang ia dapatkan di SMK Al Muslim. “Saya merasa tertantang dengan hal-hal yang dulu saya dapat saat belajar kewirausahaan, di mana saya dan teman-teman pernah praktik membuat produk, menyewa tempat, hingga menjual produk. Nah, dari situ membekas banget buat saya dan  jadi semangat untuk berwirausaha. Kenapa usahanya kopi, karena saya memang suka kopi,” jelas Kak Alfian.

Sukses dengan kedai kopinya dan berhasil meraup omzet hingga dua digit per bulan, tentu banyak sekali halang-rintang yang sudah dilewati Kak Alfian selama mengelola kedai kopi tersebut. Kak Alfian mengungkapkan bahwa di awal ia merintis, banyak sekali hal-hal pahit yang dialami. Namun, dirinya berhasil bertahan melewati kesulitan karena teringat dengan nilai-nilai Leadership yang ia dapat selama di SMK Al Muslim. “Saya pernah belajar Leadership, di situ mental kita seperti disuruh survive. Pengaruh besar banget untuk saya, sehingga akhirnya saya memutuskan untuk hiring teman untuk bekerja sama dengan saya. Mulai mengatur dengan bijak, bagaimana saya menjadi leader yang baik, hingga akhirnya Alhamdulillah hasilnya baik sekali setelah 9 bulan bertahan,” pungkas Kak Alfian.

Tak hanya sukses bekerja dan berwirausaha, lulusan SMK juga bisa masuk perguruan tinggi, lho. Salah satunya adalah Kak Latifah Azzahra atau yang akrab dipanggil Kak Aza. Kak Aza merupakan mahasiswi di Universitas Presiden dengan jurusan Hubungan Internasional. Selain kuliah, Kak Aza juga memiliki kegiatan lain yang cukup menarik. “Saya kuliah juga nyambi kerja di bawah Yayasan President University. Jadi ada production house, Presiden TV. Saya sebagai supporting crew, ketika ada kegiatan liputan, wawancara, atau kegiatan digital seperti podcast, itu saya yang bikin script-nya.” 

Menjalani kuliah sambil kerja, tentu bukan hal yang mudah. Tak banyak orang yang bisa sanggup mengatur waktu dan fokus dengan dua hal itu. Namun, Kak Aza bisa menjalani keduanya dengan baik. Menurutnya, karena ia senang berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang banyak, dan memiliki bekal Leadership yang cukup, itulah yang membuat Kak Aza percaya diri untuk mengambil langkah besar yakni menjalani perkuliahan sambil bekerja. 

Wah, luar biasa sekali, ya, acara NongBar episode perdana ini. Mengulik kisah inspiratif dari para alumni SMK yang sukses di bidang masing-masing. Jadi, terbukti kan, lulusan SMK itu bisa jadi apa pun! Bisa sukses di dunia kerja, di dunia usaha, bahkan bisa sukses masuk perguruan tinggi. So, tak perlu ragu lagi untuk bergabung dengan SMK Al Muslim.

————————-

Acara webinar ini diselenggarakan langsung dari Digihub Al Muslim. Digihub Al Muslim merupakan digital class, digital studio, dan digital training center.

Bagi bapak/ibu yang ingin bekerja sama untuk penyelenggaraan webinar dapat menghubungi email digihub@almuslim.sch.id atau info center 0838 7500 2000.

Leave a Reply

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook