Webinar Parenting SMK Bersama
Bapak Munif Chatib


#DigislamicSchool

Orang tua merupakan pendidikan pertama bagi anak-anak. Rumah pun adalah sekolah pertama bagi anak-anak. Namun, di masa pandemi seperti sekarang ini, tak sedikit orang tua yang merasa kesulitan dalam mendampingi anak-anaknya melakukan pembelajaran jarak jauh sembari melakukan pekerjaan kantor. Melihat kondisi tersebut, SMK Al Muslim pun berinisiatif untuk mengadakan kegiatan webinar parenting.

Pada Kamis (21/01), SMK Al Muslim sukses melaksanakan kegiatan webinar parenting sesi 1 dengan mengusung tema “Mengelola Emosi dan Menjadi Orang Tua Bahagia di Masa Pandemi.” Webinar parenting yang disiarkan dari kanal YouTube Yayasan Al Muslim ini, mengundang Bapak Munif Chatib sebagai pembicara. Beliau adalah seorang dosen keguruan, konsultan, praktisi pendidikan, dan penulis buku best-seller. 

“Menjadi orang tua itu gak ada sekolahnya. Gak ada S1, S2, atau S3. Sepertinya kita itu menjadi orang tua naturally atau alami begitu, ya.” Tutur Bapak Munif membuka webinar parenting kali ini. Di awal webinar, Pak Munif juga berharap semoga tips praktis yang disampaikan olehnya bisa segera diimplementasikan dengan baik oleh para peserta.

Ada pun beberapa hal penting yang disampaikan oleh Bapak Munif ialah tentang emosi. Menurutnya, setiap rumah tangga pastilah ada sebuah konflik. Namun, usahakan menyelesaikan konflik tersebut bukan dengan amarah. Karena, kalau sudah amarah akan muncul yang namanya problem yang amat panjang. Maka yang harus kita lakukan agar tidak terjadi konflik adalah fokus dengan bagaimana hubungan kita dengan anak. Bagaimana agar tidak otoriter, bagaimana pengetahuan kita tentang generasi anak-anak kita, dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara kita mengelola emosi kita terhadap anak-anak? Ini dia beberapa tips mengelola emosi dari Bapak Munif.

  1. Mengontrol Emosi

  1. Atur napas, kemudian membaca ta’awudz dan istighfar.

  2. Diam. Minimal orang tua menjaga lisannya. Fungsinya adalah memberikan kesempatan otak kita untuk bekerja dan menganalisa.

  3. Mengatur jarak sumber emosi. Orang tua bisa mengambil posisi yang lebih rendah atau orang tua pindah lokasi dari sumber amarah.

  4. Mendinginkan fisik dengan cara berwudhu. 

2. Fokus pada Solusi. 

  1. Usahakan memperkecil masalah bukan memperbesar masalah.

  2. Mencabut akar emosi dengan meminta maaf.

  3. Mengurangi terjadinya kuantitas masalah.

  4. Membuat peraturan dan kesepakatan.

  5. Membuat aktivitas lain sebagai solusi.

Wah, terima kasih Bapak Munif atas hal-hal menarik dan ilmu yang luar biasa bermanfaat untuk para Ayah/Bunda serta seluruh peserta webinar kali ini. Semoga tips praktis yang disampaikan oleh Bapak Munif dapat berguna dan dapat dipraktikkan oleh Ayah/Bunda yang ada di rumah. Dan semoga hubungan Ayah/Bunda dengan anak-anaknya bisa selalu harmonis dan bahagia.

————————-

Acara webinar ini diselenggarakan langsung dari Digihub Al Muslim. Digihub Al Muslim merupakan digital class, digital studio, dan digital training center.

 

Bagi bapak/ibu yang ingin bekerja sama untuk penyelenggaraan webinar dapat menghubungi email digihub@almuslim.sch.id atau info center 0838 7500 2000.

Leave a Reply

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook