Munaqosyah Tilawati Virtual

#DigislamicSchool

Untuk pertama kalinya, Tilawati Yayasan Al Muslim melaksanakan kegiatan Munaqosyah atau Ujian Tilawati secara virtual. Munaqosyah ini biasanya dilakukan dua kali setiap tahunnya. Namun, di tahun ini hanya dilaksanakan satu kali karena terkendala pandemi covid-19. 

Pada Jumat (12/02), Tilawati melaksanakan acara Pembukaan Munaqosyah yang ditayangkan secara langsung di kanal YouTube Yayasan Al Muslim. Di acara pembukaan munaqosyah ini, Tilawati mengundang Bapak Ir. H. Sahid Hudri selaku Kepala Urusan Sumber Belajar Yayasan Al Muslim untuk memberikan sambutan serta dukungan pada siswa-siswi yang mengikuti munaqosyah. 

Tak lupa pula mengundang para munaqisy yang akan menjadi penguji pada Ujian Tilawati yang dilaksanakan pada Senin-Jumat (15-19/02). Para munaqisy ialah Koordinator Tilawati Cabang Sidoarjo yakni Ustaz H. Moh. Soleh, S.Ag., dan Ustaz Drs. H. Muslimin Baihaqi. Dalam acara pembukaan ini, Ustaz Soleh dan Ustaz Muslimin berpesan kepada siswa-siswi yang akan melaksanakan ujian untuk melantangkan suaranya saat ujian berlangsung supaya bacaannya terdengar jelas dan benar. 

Ada pula sesi tanya jawab antara munaqisy dan siswa-siswi terkait bagaimana teknis yang dilakukan saat ujian tilawati. Setelah sesi tanya jawab berakhir, acara pembukaan ini ditutup dengan doa.

Pelaksanaan munaqosyah pun dimulai pada Hari Senin (15/02) hingga Jumat (19/02). Siswa memasuki ruang zoom sesuai dengan kategori ujiannya dan sesuai dengan ketentuan yang sudah dijelaskan saat Pembukaan Munaqosyah. Alhamdulillah, selama lima hari pelaksanaan, hampir tidak ada kendala serius yang terjadi. Siswa-siswi sukses melaksanakan Munaqosyah atau Ujian Tilawati dengan baik.

Leave a Reply

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook