Webinar Milenial SMP Al Muslim

#DigislamicSchool

Maraknya online shopping membuat banyak kaum milenial dan Generasi Z yang juga ingin berkecimpung di dunia usaha. Ditambah dengan kondisi pandemi yang membuat masyarakat ingin mencari pemasukan tambahan lewat usaha. Namun, berbisnis bukanlah sesuatu hal yang mudah dilakukan. Perlu mencari tahu ilmu berbisnis serta kiat-kiat sukses menjadi seorang wirausaha. Maka dari itu, SMP Al Muslim mengadakan kegiatan Webinar Milenial dengan mengusung tema “Peran Millenial dalam Mengembangkan Dunia Usaha.”

Kegiatan webinar ini dilaksanakan pada Kamis (07/10) dengan mengundang Influencer sekaligus Motivator kondang yakni Sherly Annavita Rahmi, S.Sos., M.Siph., dan juga salah satu alumni SMK Al Muslim yakni Ranajingga Dewangga yang saat ini telah mengembangkan usahanya sendiri. Pada kesempatan kali ini, dua narasumber berkesempatan berbagi pengalaman serta tips-tipsnya dalam menjalankan usahanya.

Ranajingga Dewangga, alumni SMK Al Muslim tahun 2020 ini memulai usahanya di bidang fashion sejak Februari 2020. Berawal dari kegabutannya, Rana akhirnya memilih untuk melakukan aktivitas yang bisa menghasilkan. Ia mulai mencari tahu tentang bagaimana memulai usaha dari 0, bagaimana dan darimana harus mendapatkan produknya, dan memikirkan bagaimana ia harus membangun media sosial untuk pemasaran produknya. “Media sosial berpengaruh banget untuk usaha aku, karena di media sosial itu kan jejaringnya luas, apalagi saat ini orang-orang lihat dulu media sosialnya, terpercaya atau tidak.” Perihal kompetitor, Rana tidak khawatir karena menurutnya usaha apa pun pasti ada pesaingnya. “Kalau untuk kompetitor pasti selalu ada, cuma untuk meminimalisir itu kita harus tahu kira-kira apa keunggulan dari produk kita, bagaimana membedakan usaha aku dengan usaha yang lain, misalnya dengan pelayanan yang baik dan juga meminimalisir kesalahan-kesalahan atau kekurangan yang ada pada produk kita.” Selain itu, menurut Rana, jika kita mau terjun ke dunia usaha, kita harus memiliki niat yang kuat, selalu melakukan inovasi-inovasi baru, tidak lupa untuk membangun relasi, dan tidak mudah menyerah.

Berbeda dengan Rana, pada kali ini Kak Sherly memberikan motivasi serta inspirasi kepada peserta didik SMP Al Muslim. Kak Sherly menyampaikan banyak sekali kisah-kisah inspiratif yang diharapkan dapat membuat teman-teman termotivasi. Salah satu kata-kata yang ia kutip dari Malcolm X adalah “Masa depan adalah milik mereka yang telah mempersiapkan hari ini.” 

Menurut Kak Sherly, jika berbicara tentang masa depan, maka anak muda, selama berani melakukan persiapan dengan tiga cara yaitu “kerja keras, kerja cerdas, kerja cepat.” Selama kita bisa beradaptasi dengan tiga cara tersebut, maka kita dapat melihat masa depan kita. “Kesempatan akan datang pada mereka yang telah bersiap, dalam hal apa pun, dalam hal ilmu, pengalaman, skill, wawasan, pertemanan. Dia yang bersiap, dia yang mendapat kesempatan.”

Untuk melihat tayangan ulang webinar, silakan klik link berikut : Peran Milenial Dalam Dunia Usaha | WEBINAR SMP AL MUSLIM

Leave a Reply

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook