PERJUSA SD Al Muslim

#DigislamicSchool

Demi membentuk mental yang kuat, disiplin, dan meningkatkan kemandirian siswanya, SD Al Muslim rutin melaksanakan kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu atau yang biasa disebut PERJUSA setiap tahunnya. Tahun ini, PERJUSA telah diadakan pada tanggal 30-31 Agustus 2019 dengan diikuti oleh seluruh siswa level 4 dan level 5. Sekitar 240 siswa yang ikut perkemahan ini dibagi menjadi 24 regu atau barung.

Kegiatan ini dibuka dengan apel pagi di Kalam Kopen yang merupakan salah satu sarana pendukung kegiatan Yayasan Al Muslim. Kalam Kopen merupakan Kawasan hutan kota yang memiliki fasilitas camping ground dan arena outbond di Bekasi. Setelah melaksanakan apel, seluruh regu dipersilakan untuk mendirikan tendanya masing-masing. Ketika mendirikan tenda, siswa dibantu oleh para guru dan juga kakak-kakak Ambalan dari SMK Al Muslim. Meski banyak siswa yang merasa kesulitan, namun mereka begitu gembira bisa mendapatkan pengetahuan baru dalam mendirikan tenda. Usai seluruh tenda siap digunakan, para siswa diperkenankan untuk istirahat dan melaksanakan Salat Jumat bagi siswa dan guru laki-laki. 

Sekitar pukul 13.00 WIB, acara kembali dilanjutkan dengan permainan seru yang bernama Wide Game. Setiap regu yang sudah diberi denah, berjalan menyusuri sawah dan mencari beberapa pos yang ada. Mereka mendapat perintah yang berbeda di setiap pos, diantaranya harus menebak nama-nama bumbu dapur, menyanyikan lagu nasional hingga dilatih pengetahuan tentang baris-berbaris. Perjalanan mereka berakhir di pos lima yang berada di dalam Kalam Kopen, di pos terakhir ini mereka harus melewati berbagai halang rintang. Wajah lelah mereka berganti ceria ketika mereka berada di pos terakhir ini. Untuk regu yang sudah selesai menyusuri pos ke pos, dipersilakan untuk mandi dan Salat Ashar. 

Acara belum berakhir sampai di situ, di tengah malam yang dingin, mereka menikmati api unggun bersama-sama. Kegiatan PERJUSA semakin meriah ketika setiap regu menampilkan yel-yel buatannya. Dilanjutkan dengan kegiatan jurit malam yang seru sekaligus menegangkan. Setelah kegiatan malam berakhir, seluruh siswa kembali ke tenda untuk istirahat malam hingga Subuh tiba.

Besoknya para siswa mengemasi tenda dan barang-barangnya. Mereka bersiap pulang dengan membawa pengalaman baru yang menyenangkan.

Leave a Reply

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook