Mendongeng Bersama Komunitas Sahabat Odi


#DigislamicSchool

Selasa (3/9), SD Al Muslim kedatangan tamu istimewa dari Komunitas Sahabat Odi. Komunitas ini terdiri dari beberapa orang yang memiliki keterampilan dalam seni story telling, mendongeng, dan imajinasi yang luar biasa. Para pendongeng di komunitas ini juga kerap berkeliling ke penjuru negeri membagikan kisah inspiratif untuk anak-anak Indonesia yang tertimpa bencana alam. 

Dalam kegiatan kali ini, Kak Ryan selaku guru dongeng di Komunitas Sahabat Odi hadir bersama Kak Danang. Kehadiran Kak Ryan dan Kak Danang pun disambut hangat oleh seluruh siswa SD Al Muslim. Sebelum mulai mendongeng, Kak Ryan mengajak siswa untuk melantunkan salawat nabi. Sementara itu, Kak Ryan mengiringi salawat dengan gitar kesayangannya. Setelah itu, Kak Ryan mulai menceritakan kisah sahabat nabi yang dikenal dermawan yakni Khalifah Utsman bin Affan tentang Sumur Raumah milik salah seorang kaum Yahudi. 

Ketika mendongeng, Kak Ryan membawa serta boneka tangannya. Yang dibawanya pada kali ini adalah boneka kakek-kakek. Kak Ryan memulai aksinya menirukan suara kakek-kakek yang diibaratkan sebagai kaum Yahudi yang tak mau berbagi. Sementara, suara asli Kak Ryan diibaratkan sebagai Khalifah Utsman. Para siswa pun tampak semangat dan antusias menyimak cerita yang dibawakan Kak Ryan ini. Tak sedikit pula siswa yang penasaran dengan asal suara boneka kakek itu. Di akhir cerita, Kak Ryan berpesan kepada seluruh siswa untuk berbagi pada sesama yang membutuhkan dan tak lupa untuk saling tolong-menolong.

Dongeng dilanjutkan dengan Kak Danang dan boneka tangannya yang bernama Odi. Berbeda dari Kak Ryan, Kak Danang hanya bersandiwara singkat namun berkesan. Intinya, Kak Danang bersama Odi mengajarkan bahwa setiap anak harus berperilaku baik dan jangan ragu untuk mengatakan kata maaf, tolong, dan terima kasih. 

Terima kasih Kak Ryan dan Kak Danang yang sudah menyempatkan waktunya untuk menghibur siswa SD Al Muslim, semoga kita bisa bertemu di lain waktu. Sukses untuk Kak Ryan, Kak Danang, dan Komunitas Sahabat Odi. Tetap menginspirasi, ya, Kak!

Leave a Reply

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook