Kunjungan Siswa Kelas XI SMA Al Muslim ke PT Mayora


#DigislamicSchool

Pada Rabu (22/01), siswa SMA Al Muslim kelas XI IPA melaksanakan kunjungan industri ke PT Tirta Fresindo Jaya Cimande, Sukabumi, yang merupakan grup dari PT Mayora. Perusahaan yang dikunjungi ini adalah perusahaan yang memproduksi minuman Teh Pucuk Harum dan Kopikap. Ini merupakan kali ketiga siswa SMA Al Muslim berkunjung ke PT Mayora. Tujuan daripada kunjungan ini tentu saja agar siswa mendapat gambaran bagaimana dunia kerja saat ini. Tak hanya itu, siswa juga bisa melihat langsung proses produksi sebuah produk dari awal hingga tahap pengemasan. 

Begitu tiba di PT Mayora Grup, para siswa dan guru disambut oleh Bapak Arif Rachman, beliau merupakan Section Head IRGA (Industrial Relation and General Affair) dan Bapak Margo Wahono selaku Teknisi Kalibrasi sekaligus MC kegiatan ini. Kemudian siswa dan guru langsung dipersilakan langsung menuju aula untuk mendapatkan informasi serta pengetahuan mengenai PT Mayora. 

Bapak Surya Kurnia Narendra selaku Supervisor Departemen CI (Continuous Improvement) yang berkesempatan memberikan materi kali ini. Beliau menyampaikan informasi mengenai profil perusahaan PT Mayora, menjelaskan tentang denah dan area mana saja yang aman atau berbahaya, dan membagikan sedikit pengalamannya selama bekerja di PT Mayora. Satu hal yang perlu selalu diingat dari ucapan Bapak Narendra, “hal yang terpenting saat bekerja adalah attitude.” Setelah memberikan pemaparan singkatnya, Bapak Narendra membuka sesi tanya jawab. Sekitar 10 siswa pun langsung melontarkan beberapa pertanyaan terkait apa yang dijelaskan Bapak Narendra sebelumnya. 

Setelah kegiatan di aula selesai, para siswa diperbolehkan untuk terjun ke ruang produksi PT Mayora. Namun, sebelum masuk ke line produksi, seluruh siswa harus menggunakan pakaian safety yang sudah disediakan dan harus dalam keadaan yang steril. Di sana, siswa melihat bagaimana teh dan kopi sedang diberi label kemasan dan sedang di-packing ke dalam kardus. Sayangnya, kita tidak bisa melihat proses pengolahan awal tehnya karena sedang ada proyek di line produksi tersebut. 

Sebelum mengakhiri kegiatan dan pulang, Bapak Margo mengajak siswa SMA Al Muslim untuk bermain games. Siswa dibentuk menjadi 3 kelompok dan harus membuat yel-yel menarik yang mengandung unsur Mayora. Semua kelompok yang berani tampil percaya diri berhasil mendapat hadiah dari Mayora! Setelah pembagian hadiah, Kepala SMA Al Muslim yakni Ibu Dra. Reni Nurhidayati memberikan beberapa buah souvenir sebagai kenang-kenangan dari Al Muslim untuk Mayora.

Terima kasih PT Mayora atas ilmu dan pengetahuan barunya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi motivasi untuk siswa SMA Al Muslim.

Leave a Reply

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook