Memilih Perguruan Tinggi yang Sesuai Minat dan Bakat

#DigislamicSchool

Mendekati akhir semester, beberapa perguruan tinggi mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru. Berbagai jalur seleksi bahkan sudah dimulai sejak bulan lalu. Salah satunya ada jalur seleksi rapor atau yang biasa kita kenal dengan sebutan SNMPTN, sudah diumumkan pada Rabu (08/04). Alhamdulillah, beberapa siswa SMA dan SMK Al Muslim telah diterima di PTN favoritnya. Berikut nama siswa-siswi SMA/SMK yang telah diterima melalui jalur SNMPTN : SMA / SMK

Berbicara soal masuk perguruan tinggi, kadang beberapa orang kerap kali bingung dengan jurusan apa yang akan dipilihnya. Hal ini bisa jadi karena kita belum mengetahui secara pasti apa bakat yang kita miliki. Sementara, kita berharap saat kuliah nanti, kita sudah berada di ‘jalan’ yang tepat dan tidak merasa salah jurusan.

Maka, tentu saja sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan, kita harus mengetahui lebih dulu apa minat dan bakat kita. So, bagaimana caranya? Simak beberapa tips berikut ini.

1. Mengikuti Hobi

Cara yang paling mudah untuk mengetahui minat dan bakat adalah melihat dari hobi kita. Misalnya, kita senang menggambar dan memadukannya dengan perangkat digital, maka kita bisa memilih jurusan seni atau desain. Gemar melakukan eksperimen? Maka bisa memilih jurusan yang berkaitan dengan Sains dan Teknologi.

2. Konsultasi dengan Guru BK

Bila kita belum mengetahui atau masih ragu dengan bakat apa yang kita punya, kita bisa konsultasi dengan guru BK di sekolah. Meminta saran atau masukan sebanyak-banyaknya agar kita bisa lebih yakin dengan pilihan kita. 

3. Tes Minat dan Bakat

Selain melakukan konsultasi, kita juga bisa melakukan tes minat dan bakat. Tes minat dan bakat ini juga bisa kita lakukan secara daring, lho. Salah satu website yang bisa kita jelajahi adalah https://tesminatbakat.pakbudi.id/

4. Mencari Informasi tentang Perguruan Tinggi yang Dituju

Nah, jika kita sudah yakin dengan apa yang kita minati, kita bisa mencari informasi mengenai jurusan yang bisa menunjang minat dan bakat kita. 

5. Tidak Mengikuti Orang Lain

Pastikan saat memilih jurusan, memang benar-benar sesuai dengan minat dan bakat kita. Jangan sampai kita memilih jurusan karena ikut-ikutan orang lain, ya. 

Itulah beberapa tips untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat. Semoga tips di atas bisa bermanfaat dan semoga kita tidak salah lagi memilih jurusan, ya.

Leave a Reply

Sharing is caring

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on facebook