Belajar Budaya Sunda di Desa Wisata Cisaat, Subang


#DigislamicSchool

Peserta didik level 6 SD Al Muslim melakukan kegiatan Education Tour pada Selasa (01/11). Education Tour merupakan salah satu program pembelajaran SD Al Muslim yang bertujuan agar peserta didik dapat merasakan belajar dan praktik langsung ke lapangan. Nah, Education Tour level 6 kali ini, peserta didik berkesempatan mengunjungi Desa Wisata Cisaat, Subang.

Satu hari berada di Desa Wisata Cisaat, peserta didik belajar banyak tentang kebudayaan yang ada di Jawa Barat, khususnya di daerah Subang. Peserta didik dikenalkan dengan kesenian Sisingaan atau Gotong Singa, mulai dari sejarah ditemukannya Sisingaan di daerah Jawa Barat, kegunaan seni Sisingaan, hingga bagaimana cara menopang dan menari Sisingaan. Selain budaya Sisingaan, peserta didik juga diperkenalkan sejarah dan diajarkan menari Jaipong. 

Tak hanya kesenian, peserta didik juga diperkenalkan dengan makanan dan minuman tradisional yang dibuat oleh komunitas di Desa Wisata Cisaat. Adapun makanan dan minuman tradisional yang dibuat adalah Papais dan Sari Nas. Papais merupakan kudapan manis yang terbuat dari tepung beras, gula aren, dan parutan kelapa. Bahan-bahan Papais dimasak bersamaan dan kemudian dibungkus dengan daun, lalu dikukus. Sementara Sari Nas merupakan minuman yang dibuat dari buah nanas asli yang ditanam sendiri oleh warga setempat.

Leave a Reply

Sharing is caring