Implementasi Sertifikasi Internasional Bahasa Inggris TOEIC 2024 untuk Siswa dan Guru di SMK Al Muslim



#DigislamicSchool

Kontributor : Nunung Nuraida, S.S., M.Pd.

Dalam  rangka meningkatkan daya saing global di tengah perkembangan era teknologi ini, Direktorat SMK bekerjasama dengan PT International Test Center kembali menyelenggarakan kegiatan fasilitasi peningkatan kompetensi dan sertifikasi Bahasa Asing siswa SMK dengan Test of English for International Communication (TOEIC). Program in bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mempersiapkan mereka untuk dapat menghadapi tantangan global, dan memberikan sertifikasi yang diakui secara internasional melalui ujian TOEIC.

 

Tes ini digunakan oleh banyak perusahaan dan organisasi di seluruh dunia untuk menilai kemampuan bahasa Inggris karyawan dan calon karyawan mereka. Selain itu, juga digunakan sebagai ujian syarat masuk politeknik dan  pendafataran beasiswa di beberapa negara.

Pada tahun ini, SMK Al Muslim turut menyemarakkan program ini dengan melibatkan sebanyak 71 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 34 peserta didik. 

Sebelum para peserta didik menjalankan ujian  bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada sejumlah agenda pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Selama periode pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Dini Larasati dan Luthfi Ibrahim dan tim melalui Zoom dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk TOEIC Practice Tests-Digital Version agar peserta didik kami siap menghadapi ujian dengan baik.

Proses selanjutnya yaitu instalasi aplikasi TOEIC di 34 Personal Computer yang akan digunakan oleh siswa yang dilaksanakan pada Sabtu, 27 Juli 2024 oleh 3 orang teknisi. Instalasi ini dilakukan di 2 lokasi yaitu di Ruang Lab TKJ SMK Al Muslim sejumlah 14 PC, dan di Ruang Lab Bahasa SMA Al Muslim sejumlah 20 PC. Proses cek readiness ini dilakukan H-1 pelaksanaan.

TOEIC dilaksanakan pada Minggu, 28 Juli 2024 pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Siswa hadir pukul 08.00 untuk melakukan persiapan seperti pengisian data diri, angket, dan presensi. Secara umum pelaksanaan TOEIC berjalan lancar meskipun ada 2 PC yang sempat bermasalah sehingga tim kami memutuskan untuk berganti PC dan akhirnya ujian berlangsung kembali dengan baik. Selama ujian berlangsung, pihak penyelenggara tes/supervisor tes melakukan pemantauan melalui link Zoom dan alhamdulillah tidak ada catatan buruk selama berlangsungnya tes.

Menurut kami, penyelenggaraan TOEIC ini sangatlah bermanfaat bagi sekolah dan juga bagi siswa kami. Dengan TOEIC, kredibilitas sekolah semakin diperhitungkan apalagi jika siswa kami bisa mendapatkan skor-skor yang sangat memuaskan. Bagi siswa kami, TOEIC ini membantu mereka dalam mengukur kemampuan Bahasa Inggris mereka. Sertifikat yang diterima pun sangat bermanfaat untuk digunakan melamar kerja atau mendaftar ke politeknik negeri di seluruh Indonesia. Kami berharap, TOEIC ini berlangsung secara terus menerus dan rutin diadakan setiap tahunnya. Ini sangat membantu sekolah dan siswa kami untuk bisa memiliki sertifikasi bernilai internasional tanpa biaya.

Perlu kami informasikan juga bahwa dari 34 siswa kami yang lolos dan bisa mengikuti TOEIC, 10 orang diantaranya mendapatkan beasiswa TOEIC Excellence, yaitu kesempatan mendapatkan kursus Bahasa Inggris Online secara gratis selama kurang lebih 1,5 bulan penuh, yaitu dimulai sejak pengumuman lolos TOEIC pada 5 Juli 2024 dan berakhir di tanggal 18 Agustus 2024. Siswa yang dapat menyelesaikan proses pembelajaran hingga 70% akan mendapatkan sertifikat pembelajaran selain sertifikat skor TOEIC.

Leave a Reply

Sharing is caring