Create Creative, Confident & Caring Generations

Menjadikan Generasi Muslim yang siap menjadi Khalifatullah Fil Ardl yang Abdillah dan Rahmatan lil Alamin dan Berakhlakul Karimah.

PANDUAN PPDB AL MUSLIM

PENDAHULUAN

Panduan ini disusun sebagai pedoman bagi calon peserta didik baru, untuk mengisi aplikasi pendaftaran pada laman https://digislamic.id/#/online-registration/register. Calon peserta didik dapat mengisi aplikasi untuk mendaftar sebagai calon peserta didik baru untuk satuan pendidikan yang ada di lingkungan Yayasan Al Muslim, untuk tahun ajaran 2022-2023, mutasi atau untuk tahun ajaran berikutnya.

JALUR PENDAFTARAN

Jalur pendaftaran yang ditawarkan adalah jalur internal, reguler, prestasi, dan beasiswa prestasi. Calon peserta didik dapat memilih salah satu dari empat jalur yang ditawarkan. Calon peserta yang sudah memilih salah satu jalur tidak dapat memilih jalur lainnya.

A. Jalur Internal
Jalur internal diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang akan melanjutkan pendidikan pada satuan pendidikan berikutnya di lingkungan Yayasan Al Muslim. Calon peserta didik mendaftar secara perseorangan melalui laman.

B. Jalur Reguler
Jalur reguler diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berasal dari luar satuan pendidikan yang ada lingkungan Yayasan Al Muslim dan akan mendaftar ke satuan pendidikan di lingkungan Yayasan Al Muslim. Calon peserta didik yang mendaftar pada jalur reguler harus mengikuti proses seleksi penerimaan peserta didik baru sesuai ketentuan dan dinyatakan diterima setelah lulus tes seleksi.

C. Jalur Prestasi
Jalur prestasi diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berasal dari dalam maupun dari luar satuan pendidikan yang ada lingkungan Yayasan Al Muslim. Calon peserta didik yang mendaftar pada jalur prestasi dapat diterima sebagai peserta didik tanpa mengikuti proses seleksi. Pendaftar hanya diminta mengupload bukti prestasi berupa sertifikat atau surat keterangan sesuai kriteria prestasi yang ditetapkan panitia.

D. Jalur Beasiswa Prestasi
Jalur prestasi diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berasal dari dalam maupun dari luar satuan pendidikan yang ada lingkungan Yayasan Al Muslim. Calon peserta didik yang mendaftar pada jalur prestasi dapat diterima sebagai peserta didik tanpa mengikuti proses seleksi. Pendaftar hanya diminta meng-upload bukti prestasi berupa sertifikat atau surat keterangan sesuai kriteria prestasi yang ditetapkan panitia.

ALUR PENDAFTARAN

SYARAT DAN KETENTUAN

Jalur Reguler

Pendaftar pada jalur reguler mendapat kesempatan menerima potongan uang pangkal berdasarkan hasil tes seleksi, dengan ketentuan:
a. Peringkat I, mendapatkan potongan uang pangkal sebesar Rp 1.000.000,-
b. Peringkat II, mendapatkan potongan uang pangkal sebesar Rp 750.000,-
c. Peringkat III, mendapatkan potongan uang pangkal sebesar Rp 500.000

Jalur Prestasi

a. Prestasi Akademik
    Mempunyai sertifikat, piagam penghargaan atau surat keterangan prestasi Olimpiade Sains Nasional (OSN) minimal juara I, II, dan III tingkat kabupaten/kota
b. Prestasi Non Akademik Bidang Keagamaan
    Mempunyai sertifikat syahadah, piagam penghargaan, atau surat keterangan hafalan Al-Qur’an dari sekolah atau lembaga lainnya
    1) Calon Peserta Didik TK : Minimal 1 Juz
    2) Calon Peserta Didik SD : Minimal 3 Juz
    3) Calon Peserta Didik SMP : Minimal 5 Juz
c. Prestasi Non Akademik Bidang Olahraga dan Seni
    Mempunyai sertifikat prestasi cabang olahraga atau kesenian minimal Tingkat Nasional yang resmi diselenggarakan oleh Pemerintah/Dinas Pendidikan.

Jalur Beasiswa Prestasi