Menjadikan Generasi Muslim yang siap menjadi Khalifatullah Fil Ardl yang Abdillah dan Rahmatan lil Alamin dan Berakhlakul Karimah.

SMP AL MUSLIM

#DigislamicSchool

SMP Al Muslim adalah sekolah terpadu terakreditasi A (Amat Baik = 92) BAN-S/M No.2.00/692/BAP-SM/X/2011 yang senantiasa berusaha untuk mencetak generasi muslim yang kuat dan tangguh yaitu generasi yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dengan landasan keilmuan dan keimanan yang kuat dengan menerapkan kurikulum terpadu antara kurikulum Depdiknas dan diperkaya dengan kurikulum unggulan yayasan meliputi Syariat Islam terpadu, Leadership, Green Education, Sains, Bahasa Asing dan Teknologi Infromasi untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan intelektual, spiritual dan emosionalnya.

AL MUSLIM

Perkembangan

AL MUSLIM

Kurikulum

  1. Shalat 5 waktu beserta shalat sunnah dengan tertib.
  2. Budaya disiplin.
  3. Budaya 5 S (senyum salam sapa sopan santun).
  4. Budaya bersih.
  5. Belajar tuntas.
  6. Budaya membaca AL Qur’an.
  7. Hafalan surat-surat pendek/pilihan.
  1. Pramuka (wajib).
  2. PMR.
  3. Karate.
  4. Drumband.
  5. Seni baca Al-Qur’an.
  6. Senu lukis.
  7. Bahasa Inggris.
  8. Basket.
  9. Futsal.
  10. Robotic
AL MUSLIM

Organisasi

Daftar kepala sekolah

2018 – Sekarang
2015 – 2018
2012 – 2015
2007 – 2012
2004 – 2007
2001 – 2004
1996 – 2001

Munfangil, S.Pd., M.Pd.
Najemudin, S.Si., M.Pd.
Munfangil, S.Pd., M.Pd.
Ir. Sahid Hudri
Najemudin, S.Si., M.Pd.
Munfangil, S.Pd., M.Pd.
Drs. H. Saepudin Zuhri, M.M.

Management

Kepala Sekolah
Wakabid Kesiswaan
Wakabid Kurikulum

Munfangil, M.Pd.
Tegar Udala Wicaksono, S.Pd.
Tri Retnosari, S.Si., M.Pd.

TATA USAHA

Keuangan dan Kepegawaian
Kesiswaan
Kurikulum
Perpustakaan
Sarana Prasarana

Adinda Dessy Ratna Ayuningsih
Erin Erviana
Ulfa Zakiyah
Fadhilatus Zahroh
Firmansyah

BIMBINGAN KONSELING

Level VII
Level VII
Level VIII
Level IX

Fici Arora, S.Pd.
M. Zahidul Awwab, M.Pd.
Iis Soliha, S.Psi.
Rizqi Virlika, S.Pd.

WALI KELAS VII

Abu Bakar As Shidiq
Umar Bin Khattab
Utsman Bin Affan
Khadijah
Aisyah
Saudah

Siskha Nurohmah, S.Pd.
Putri Wulandari, S.Pd.
Okih, S.Pd.I
Agus Ratnaningrum, S.Pd.
Tati Wartati, S.Pd.
Emar Sulastri, S.E.

WALI KELAS VIII

Fatimah Az Zahra
Ummu Habibah
Zainab Al Qubro
Ali Bin Abi Thalib
Anas Bin Malik
Amr Bin Ash

Rohmatun Nazilah, S.Pd.
Dra. Elis Setiyawati, M.MPd.
Eva Haryantini, S.Pd.
Wahidin, S.Kom.
Marniwita, S.Pd.
Nur Taupik, S.Pd.

WALI KELAS IX

Hafsah
Shafiyyah
Ummu Salamah
Abu Hurairoh
Hamzah
Abu Dzar

Ipu Puspita Dewi, S.Si.
Adelia Derifni, S.Si.
Iis Syamsiah, S.Pd.
Nofi Suryono, S.Pd.
Divia Risti Uzukriyah, M.Pd.
M. Zahidul Awwab, M.Pd.

AL MUSLIM

PRESTASI

2013

  1. Juara 2 Lomba Mipa Tingkat Nasional.

2010

  1. Juara 3 Competition Of Society in Art and Education se-Kab. Bekasi.

2013

  1. Juara 1 Lomba Energy Warrior Tingkat Nasional Kementrian ESDM.
  2. Juara 1 Lomba MTQ se-Kabupaten Bekasi.
  3. Juara 2 Lomba Futsal se-Jabodetabek.
  4. Juara 1 Lomba Pramuka Penggalang se-Kab. Bekasi.
  5. Juara 2 Lomba basket se-Kab. Bekasi.
  6. Juara 1 Lomba Green Education se-Kab. Bekasi.
  7. Juara Terbaik Desain Robotic se-Kab. Bekasi.
  8. Juara 1 Lomba MPR se-Kab. Bekasi.

2012

  1. Juara 2 Lomba Poster Home and School Energy Champion EECCHI Kementrian ESDM.
  2. Juara 2&3 Lomba Drum Band Kota/Comitte Senior Brass se-Kab. Bekasi.
  3. Juara 1 Lomba Desain Postur Loper Koper PMR Tingkat Madya.
  4. Juara 1 Lomba Basket Putri Tingkat SMP se-Bekasi.
  5. Juara 2 Lomba Basket Putra Tingkat SMP se-Bekasi.
  6. Juara 1 Lomba Karate Tingkat Kabupaten & Tingkat Provinsi.
  7. Juara 1 Karya Tulis Hemat Energi Tingkat Nasional kementrian ESDM.

2011

  1. Juara 2 Liga Bola Basket Pelajar & Club LIBALA Divisi Umum SMP Putra Perbasi Kab Bekasi.
  2. Juara Favorit Lomba PMR se Bekasi.
  3. Juara 2 Lomba Sekolah Berbudaya Lingkungan Tingkat SMP se-Kabupaten Bekasi.
  4. Juara 2 Lomba Sekolah Berbudaya Lingkungan Tingkat SMP se-Kabupaten Bekasi.

2010

  1. Juara 2 Lomba Sekolah Berbudaya Lingkungan Tingkat SMP se-Kabupaten Bekasi.
  2. Juara 1 O2SN Tingkat Kab. Bekasi dan Peserta O2SN Tingkat Propinsi
AL MUSLIM

Fasilitas

Diantara semua tempat di sekolah, ruang kelas merupakan tempat yang paling sering di gunakan untuk berinteraksi oleh guru dan murid. Ruang kelas yang nyaman akan sangat berpengaruh dalam suksesnya pembelajaran Di setiap ruang kelas juga dilengkapi dengan 1 set meja dan kursi guru, meja dan kursi siswa mulai dari 27-32 perkelas, 1 rak penyimpanan alat sholat dan alquran, 1 rak penyimpanan alat makan, 2 buah AC di setiap kelasnya, serta1 buah LCD yang sudah terpasang dan siap di gunakan. Disamping itu dengan mengedepankan akhlak dan akidah khusus di SMP al muslim antar putra dan putri di bedakan kelasnya.

Ruang kepala sekolah merupakan bagian terdepan dari lingkungan sekolah berada di lantai 2 gedung putra bersebelahan dengan ruang guru. Ruang Kerja Kepala sekolah terbagi menjadi dua bagian yang pada bagian depan adalah ruang tamu dengan 2 set kursi tamu standart yang digabungkan menjadi satu, serta meja biro yang menjadi tempat utama kepala sekolah dalam mengelola sekolah.

Ruang guru merupakan salah satu bagian paling penting karena keberadaan sarana ini sangat menunjang kegiatan proses belajar mengajar serta pengambilan keputusan untuk setiap proses peningkatan kinerja guru serta karyawan.

Tata usaha sekolah adalah bagian dari unit pelaksana teknis penyelenggaraan sistem administrasi keuangan dan kesiswaan serta informasi pendidikan di sekolah. Informasi yang tata usaha sekolah kelola penting sebagai basis pelayanan dan bahan pengambilan keputusan sekolah. Semakin lengkap dan akurat data terhimpun maka pemberian pelayanan makin mudah dan pengembilan keputusan makin tepat.

Penyelenggaraan perpustakaan smp memiliki tujuan utama untuk meningkatkan mutu menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, Selain hal tersebut dimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat membaca dan menambah ilmu pengetahuan yang di dapat dari buku buku yang ada di Perpustakaan SMP almuslim.

Fungsi utama ruang UKS ini untuk memberika Pertolongan Pertama pada siswa yang mengalami gangguan kesehatan, kecelakan kecil pada saat kegiatan belajar mengajar, sehingga siswa atau orang tua merasa aman dan nyaman dengan adanya fasilitas UKS ini. Selain itu Ruang UKS ini digunakan sebagai sarana Praktek pelajaran Kesehatan bagi siswa, sehingga siswa dapat menerapkan langsung ilmu yang dipelajarinya.

Laboratorium Komputer di SMP almuslim memiliki 30 unit komputer yang terintegrasi dengan jaringan lokal dan internet dan dilengkapi dengan AC sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan nyaman bagi peserta didik. Laboratorium Komputer digunakan mulai pukul 07.00 – 14.15 setiap harinya dengan 1 orang pendidik. Pembelajaran TIK sesuai dengan jadwal dan kurikulum yang sudah ditentukan.

Fasilitas lapangan bermain adalah sesuatu hal yang sangat penting bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah, khususnya yang berhubungan dengan ketangkasan dan pendidikan jasmani. Selain itu lapangan bermain juga dapat digunakan untuk kegiatan bermain siswa, kegiatan upacara/apel pagi, dan kegiatan perayaan/pentas seni yang memerlukan tempat yang luas. Selain itu dengan masih banyaknya pohon rindang di lingkungan pekarangan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah. Membuat lingkungan tidak terasa gersang dan menjadi lebih rindang. Dan secara tidak langsung menambah oksigen di lingkungan smp almuslim karena Oksigen adalah salah satu pendukung kecerdasan anak. Kadar oksigen yang sedikit pada manusia akan menyebabkan suplai darah ke otak menjadi lambat, padahal nutrisi yang kita makan sehari-hari disampaikan oleh darah ke seluruh tubuh kita.

Demi menjaga kebersihan dan efisiensi waktu kegiatan KBM maka di ciptakannya Ruang Makan.Ruang makan merupakan fasilitas sekolah yang jarang sekali di temukan di sekolah-sekolah lainnya. Setelah Sholat zuhur berjamaah , siswa-siswi berkumpul di ruang makan . Diawali dengan berdoa, kemudian mengambil makan secara prasmanan di tempat yang telah disediakan. Kembali lagi ke tempat dan siap menyantap makan siang. Usai makan, siswa-siswi SMP almuslim cuci perlengkapan makan sendiri di tempat cuci piring yang sudah disediakan dan mengeringkannya kembali.

Ruang tamu ruangan yang umumnya terdapat pada bagian terdepan dari Gedung 1 SMP almuslim. Letak berdekatan dengan ruang guru jadi pada saat tamu berkunjung ke sekolah, wali guru atau walikelas lebih gampang menjamunya.

 

Dalam lingkungan SMP al muslim, di setiap lantai baik gedung putri maupun gedung putra ada Toilet sekaligus tempat wudhu. Agar siswa dan siswi SMP almuslim dapat mudah menjangkau sanitasinya.

Dalam belajar mengajar hal yang terpenting adalah proses, karena proses inilah yang menentukan tujuan belajar akan tercapai atau tidak tercapai. Ketercapaian dalam proses belajar mengajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku tersebut baik yang menyangkut perubahan bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif).Dengan adanya Ruang media yang di sertain dengan alat peraga ini sangatlah berguna dalam kegiatan KBM. Maka tradisi lisan dan tulisan dalam proses pembelajaran dapat diperkaya dengan berbagai media pembelajaran. Dengan tersedianya media pembelajaran, guru pendidik dapat menciptakan berbagai situasi kelas, menentukan metode pengajaran yang akan dipakai dalam situasi yang berlainan dan menciptakan iklim yang emosional yang sehat diantara peserta didik. Bahkan alat peraga/media pembelajaran ini selanjutnya dapat membantu guru membawa dunia luar ke dalam kelas. Dengan demikian ide yang abstrak dan asing (remote) sifatnya menjadi konkrit dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Bila alat/media pembelajaran ini dapat di fungsikan secara tepat dan proforsional, maka proses pembelajaran akan dapat berjalan efektif.

Dengan adanya aula di lantai 4 mempermudah siswa dan siswi smp almuslim lebih mudah untuk melakukan sholat berjamaah serta aula smp almuslim juga sudah di lengkapi dengan sound system. Disamping itu penempatan aula di lantai 4 juga bisa meminimalisir penggunaan listrik karena aula lantai4 merupakan ruang terbuka yang sejuk serta mudah masuk cahaya

AL MUSLIM

Aktivitas

#SMPAlMuslim
Tadabbur Alam SMP Al Muslim #DigislamicSchool Siswa SMP Al Muslim level 7 baru saja melakukan kegiatan Tadabbur Alam di Kawasan Wisata Alam ... continue reading
Seminar Parenting SMP Al Muslim Bersama Bapak Yusuf Maulana #DigislamicSchool           Oleh: Fici Aurora, S.Pd. Pada Sabtu, 28 September 2019, ... continue reading
Dua Jam Bersama Dik Doank: "Belajar dari Pohon" #DigislamicSchool Oleh: Ipu Puspita Dewi, S.Si. “Istighfar….” Suara bariton terdengar membahana di aula lantai 4 ... continue reading