Create Creative, Confident & Caring Generations

Menjadikan Generasi Muslim yang siap menjadi Khalifatullah Fil Ardl yang Abdillah dan Rahmatan lil Alamin dan Cerakhlakul Karimah.

AL MUSLIM

sUMBER BELAJAR

Sebagai lembaga pendidikan yang mandiri, Yayasan Al Muslim memiliki pusat sumber belajar yang dapat diandalkan oleh seluruh civitas akademika, sehingga dapat meningkatkan independensi dan rasa percaya diri lembaga.

Pusat Sumber Belajar (Learning Resources) Yayasan Al Muslim diharapkan dapat menjadi salah satu unit pelaksana teknis yang bertugas sebagai pusat pengembangan media dan sumber belajar yang dapat diandalkan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi guna membantu memenuhi kebutuhan guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu, pusat sumber belajar yayasan Al Muslim diharapkan juga dapat memfasilitasi

AL MUSLIM

Visi & MISI

Pusat Sumber Belajar bertekad menjadi Pusat Pengembangan Media dan Sumber Belajar yang diandalkan untuk membantu memenuhi kebutuhan guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

  1. Melakukan kajian tentang perkembangan media dan sumber belajar disesuaikan dengan kebutuhan guru dan siswa di lingkungan al muslim
  2. Mengembangkan pelatihan bagi pengembangan media dan sumber belajar yang dibutuhkan
  3. Mengembangkan media dan sumber belajar yang berbasis teknologi mutakhir 
  4. Mengaplikasikan hasil-hasil pengembangan media dan sumber belajar pada kegiatan belajar mengajar sehari-hari
  5. Membuat ruang pameran dan peragaan media dan sumber belajar
  6. Memfasilitasi kegiatan penelitian tindakan kelas dan berbagai pelatihan bagi guru di lingkungan al muslim
  7. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga lain dalam upaya mencari informasi yang berhubungan dengan pengembangan sumber dan media belajar.
AL MUSLIM

Sasaran & Tujuan

  1. Menyediakan media dan sumber pembelajaran yang dibutuhkan oleh setiap guru dan siswa di lingkungan al muslim
  2. Menghasilkan kajian tentang perkembangan media dan sumber belajar dalam bentuk penerbitan buletin atau jurnal pendidikan
  3. Menyelengarakan pertemuan ilmiah secara berkala guna mengkaji isu-isu yang berkaitan dengan media dan sumber belajar dalam bentuk kegiatan MGMP guru bidang studi maupun guru kelas
  4. Menyelenggarakan pelatihan pembuatan media dan sumber belajar secara berkala bagi guru. 
  5. Mengadakan ruang media dan sumber belajar yang berfungsi sebagai peragaan hasil pengembangan media dan sumber belajar. 
  6. Mendorong dan memberikan pendampingan pada guru untuk  melakukan penelitian tindakan kelas
AL MUSLIM

Program Kerja

Dalam menjalankan tanggung jawabnya PSB menjalankan lima macam program berdasarkan fungsinya yaitu :

Fungsi Produksi ini berhubungan dengan desain dan produksi media untuk keperluan pembelajaran

Fungsi Layanan media dan sumber belajar ini berhubungan dengan pemberian layanan kebutuhan media pembelajaran serta penggunaannya.
Fungsi Layanan Latihan ini berhubungan dengan latihan mahasiswa dan pihak lain yang diperlukan dalam rangka memperoleh keterampilan mendesain, mengembangkan dan menggunakan media dan sumber belajar.
Fungsi Penelitian dan pengembangan cara-cara baru dalam pembelajaran ini berhubungan dengan pengembangan cara-cara baru dalam pembelajaran dan penyebarluasan inovasi dalam strategi belajar.
Fungsi Administrasi ini berhubungan dengan kegiatan penyusunan dan pengkatalogian, penyimpanan dan pemeliharaan media Sumber belajar
AL MUSLIM

ORGANISASI

Kepala Urusan Sumber Belajar 
Pelaksana Teknis
Ketua Gugus Sains
Ketua Gugus Matematika 
Ketua Gugus Bahasa
Ketua Gugus TIK
Ketua Gugus Leadership
Ketua Gugus GE
Ketua Gugus Agama 

: Didi Suradi, M. Pd
: Indah Priyanti, A. Md
: Angkasawati, S. Si
: Akhmad Firdaus, S. Pd
: Nunung Nuraida, S.S
: Musa Ashari, S. Kom
: Drs. Mirza Agus W
: Hj. Rahmawati, S. Pd
: Okih, S. Pd.I

AL MUSLIM

Gugus Bidang Studi

Selain kurikulum Pendidikan Nasional, Yayasan Al Muslim mengembangkan kurikulum khas yang terdiri dari mata pelajaran sains, matematika, bahasa inggris, teknologi informasi komunikasi, pendidikan agama islam, leadership dan green education, pengembangan kurikulum khas tersebut dipimpin oleh seorang ketua gugus.

Gugus sains merupakan kelompok kerja guru-guru sains dari seluruh unit yang ada dilingkungan yayasan al muslim tambun. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain mengadakan pertemuan rutin, menyelenggarakan workshop/pelatihan, mengembangkan media pembelajaran, mengadakan lesson studi dan penelitian tindakan kelas. Semua kegiatan tersebut tertuang dalam program kerja yang disusun setiap tahun.

Gugus matematika merupakan kelompok kerja guru-guru matematika dari seluruh unit yang ada dilingkungan yayasan al muslim tambun. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain mengadakan pertemuan rutin, menyelenggarakan workshop/pelatihan, mengembangkan media pembelajaran, mengadakan lesson studi dan penelitian tindakan kelas. Semua kegiatan tersebut tertuang dalam program kerja yang disusun setiap tahun.

Gugus bahasa inggris merupakan kelompok kerja guru-guru bahasa  inggris dari seluruh unit yang ada dilingkungan yayasan al muslim tambun. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain mengadakan pertemuan rutin, menyelenggarakan workshop/pelatihan, mengembangkan media pembelajaran, mengadakan lesson studi dan penelitian tindakan kelas. Semua kegiatan tersebut tertuang dalam program kerja yang disusun setiap tahun.
Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris guru-guru di lingkungan yayasan al muslim tambun, gugus bahasa inggris mengadakan kerjasama dengan beberapa institusi untuk mengadakan beberapa program pelatihan, misalnya dengan british council dan primagama english course. 

Gugus Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan kelompok kerja guru-guru TIK dari seluruh unit yang ada dilingkungan yayasan al muslim tambun. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain mengadakan pertemuan rutin, menyelenggarakan workshop/pelatihan, mengembangkan media pembelajaran, mengadakan lesson studi dan penelitian tindakan kelas. Semua kegiatan tersebut tertuang dalam program kerja yang disusun setiap tahun. Meskipun saat ini pelajaran TIK dihapuskan dalam kurikulum nasional (Kurikulum 2013), namun yayasan al muslim tambun berkeyakinan, pembelajaran TIK merupakan kebutuhan yang harus dimiliki oleh seluruh peserta didik. Dengan demikian, yayasan terus mengembangkan mata pelajaran ini sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh peserta didik dimasa sekarang dan masa yang akan datang.
Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan kelompok kerja guru-guru PAI dari seluruh unit yang ada dilingkungan yayasan al muslim tambun. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain mengadakan pertemuan rutin, menyelenggarakan workshop/pelatihan, mengembangkan media pembelajaran, mengadakan lesson studi dan penelitian tindakan kelas. Semua kegiatan tersebut tertuang dalam program kerja yang disusun setiap tahun.
Gugus Leadership merupakan kelompok kerja guru-guru leadership dari seluruh unit yang ada dilingkungan yayasan al muslim tambun. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain mengadakan pertemuan rutin, menyelenggarakan workshop/pelatihan, mengembangkan media pembelajaran, mengadakan lesson studi dan penelitian tindakan kelas. Semua kegiatan tersebut tertuang dalam program kerja yang disusun setiap tahun. Leadership yang dikembangkan di yayasan al muslim tambun adalah leadership life skill yang terdiri dari tujuh keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik, yaitu understanding self, communication, getting along with other, learning to learn, decission making, managing dan workning with group. Masing-masing keterampilan dasar tadi memiliki berbagai karakter/sikap yang
Gugus Green Education (GE) merupakan kelompok kerja guru-guru GE dari seluruh unit yang ada dilingkungan yayasan al muslim tambun. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain mengadakan pertemuan rutin, menyelenggarakan workshop/pelatihan, mengembangkan media pembelajaran, mengadakan lesson studi dan penelitian tindakan kelas. Semua kegiatan tersebut tertuang dalam program kerja yang disusun setiap tahun.
AL MUSLIM

Bidang Pengembangan

Selain kurikulum Pendidikan Nasional, Yayasan Al Muslim mengembangkan kurikulum khas yang terdiri dari mata pelajaran sains, matematika, bahasa inggris, teknologi informasi komunikasi, pendidikan agama islam, leadership dan green education, pengembangan kurikulum khas tersebut dipimpin oleh seorang ketua gugus.

Bidang
Kelembagaan

Bidang
Pendidikan

Bidang
Penelitian & Pengembangan

Bidang
Sumber Daya Manusia

Bidang
Sarana Prasarana